STUDI TENTANG KREDIBILITAS SISTEM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI TIKET ONLINE KERETA API (Studi Pada Penumpang Kereta Api di Stasiun Semarang Poncol)

ADITYA, Sonny and PERDHANA, Mirwan Surya,(May 2019), STUDI TENTANG KREDIBILITAS SISTEM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI TIKET ONLINE KERETA API (Studi Pada Penumpang Kereta Api di Stasiun Semarang Poncol). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (38kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (100kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (101kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan teknologi internet, revolusi teknologi internet, serta keunggulan kompetitif sangat berkaitan dalam bisnis jasa terutama jasa transportasi. Tahun 2015 menjadi tahun puncak perkembangan dan pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia. Dengan internet dan transaksi online masyarakat diberikan beberapa manfaat yang baik diantaranya menghemat waktu, barang yang dibeli secara online langsung dapat diantar kerumah, dapat membandingkan produk dengan mudah, menemukan produk pasar dengan lebih mudah serta mendapatkan harga yang lebih murah. Permasalahan yang dialami PT. Kereta Api Indonesia terkait pembelian tiket online di website kai.id agar lebih efektif dan efisien memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen. Penjualan tiket online pada website kai.id yang masih kalah dengan agen luar maupun konvensional mengidentifikasikan kredibilitas sistem yang disediakan dalam website kai.id kurang optimal, baik dalam hal kecepatan akses dalam bertraksaksi, keakuratan sistem transaksi, keamananan penggunaan website kai.id, serta fleksibilitas sistem yang dapat dipakai oleh siapapun baik anak remaja, dewasa, dan orangtua. Kepercayaan, presepsi kemanfaatan pengguna, dan persepsi kemudahan terhadap kredibilitas sistem pada website kai.id menjadi point penting dari calon pengguna kereta api untuk membeli tiket secara online. Dengan adanya 3 faktor tersebut bisa mendongkrak peningkatan kredibiltas sistem website kai.id dan pada akhirnya penjualan tiket kereta-api secara online di agent internal akan mengalami peningkatan dan pendapatan perusahan juga ikut meningkat. Metode yang digunakan adalah metode simple random samplingdengan jumlah sampel sebanyak 225 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM AMOS. Berdasarkan dari hasil pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) Kepercayaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli online. (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredibilitas sistem. (3) PMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredibilitas sistem. (4) PKP berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kredibilitas sistem. (5) PKP berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli online. (6) Kredibilitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli online.
Keywords : Trust, Perception of Usage Benefits (PMP), Perception of Ease of Use (PKP), System Credibility, Buying Online Interest, kai.id, Kepercayaan, Persepsi Manfaat Penggunaan (PMP), Persepsi Kemudahan Penggunaan (PKP), Kredibilitas Sistem, Minat Beli Online, kai.id
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:48
Last Modified: 19 Jul 2022 07:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11167

Actions (login required)

View Item
View Item