ADITYA, Sonny and PERDHANA, Mirwan Surya,(May 2019), STUDI TENTANG KREDIBILITAS SISTEM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI TIKET ONLINE KERETA API (Studi Pada Penumpang Kereta Api di Stasiun Semarang Poncol). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (38kB)
Download (38kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (100kB)
Download (100kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (101kB)
Download (101kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (173kB)
Download (173kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (802kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (802kB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan teknologi internet, revolusi teknologi internet, serta keunggulan
kompetitif sangat berkaitan dalam bisnis jasa terutama jasa transportasi. Tahun 2015
menjadi tahun puncak perkembangan dan pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia.
Dengan internet dan transaksi online masyarakat diberikan beberapa manfaat yang baik
diantaranya menghemat waktu, barang yang dibeli secara online langsung dapat diantar
kerumah, dapat membandingkan produk dengan mudah, menemukan produk pasar
dengan lebih mudah serta mendapatkan harga yang lebih murah. Permasalahan yang
dialami PT. Kereta Api Indonesia terkait pembelian tiket online di website kai.id agar
lebih efektif dan efisien memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen.
Penjualan tiket online pada website kai.id yang masih kalah dengan agen luar maupun
konvensional mengidentifikasikan kredibilitas sistem yang disediakan dalam website
kai.id kurang optimal, baik dalam hal kecepatan akses dalam bertraksaksi, keakuratan
sistem transaksi, keamananan penggunaan website kai.id, serta fleksibilitas sistem yang
dapat dipakai oleh siapapun baik anak remaja, dewasa, dan orangtua.
Kepercayaan, presepsi kemanfaatan pengguna, dan persepsi kemudahan terhadap
kredibilitas sistem pada website kai.id menjadi point penting dari calon pengguna kereta
api untuk membeli tiket secara online. Dengan adanya 3 faktor tersebut bisa
mendongkrak peningkatan kredibiltas sistem website kai.id dan pada akhirnya penjualan
tiket kereta-api secara online di agent internal akan mengalami peningkatan dan
pendapatan perusahan juga ikut meningkat. Metode yang digunakan adalah metode
simple random samplingdengan jumlah sampel sebanyak 225 responden. Teknik analisis
data pada penelitian ini menggunakan SEM AMOS.
Berdasarkan dari hasil pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut : (1) Kepercayaan berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap minat beli online. (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kredibilitas sistem. (3) PMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredibilitas
sistem. (4) PKP berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kredibilitas sistem. (5)
PKP berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli online. (6) Kredibilitas sistem
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli online.
Keywords : | Trust, Perception of Usage Benefits (PMP), Perception of Ease of Use (PKP), System Credibility, Buying Online Interest, kai.id, Kepercayaan, Persepsi Manfaat Penggunaan (PMP), Persepsi Kemudahan Penggunaan (PKP), Kredibilitas Sistem, Minat Beli Online, kai.id |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 07:48 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 07:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11167 |