PENGARUH TOTAL ASET, CAR DAN FDR TERHADAP RETURN ON ASSET DENGAN MEDIASI NON PERFORMING FINANCING (Studi pada Bank Umum Syariah di IndonesiaTahun 2011-2018)

HAMDANI, Muhammad Luthfi and CHABACHIB, Mochammad,(13 November 2019), PENGARUH TOTAL ASET, CAR DAN FDR TERHADAP RETURN ON ASSET DENGAN MEDIASI NON PERFORMING FINANCING (Studi pada Bank Umum Syariah di IndonesiaTahun 2011-2018). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Total Aset, CAR dan FDR terhadap ROA serta menggunakanpembiayaan bermsalah (NPF) menjadi variabel mediasi di Bank Umum Syariah (BUS) pada periode tahun 2011-2018. Dalam penelitian ini profitabilitas perusahaanBUS diproksikan dengan ROA.Penelitian menggunakan jenis serta sumber data sekunder. Populasi penelitian adalah semua perusahaan Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk menentukan sampel digunakan metode purposive sampling,sehingga terdapat 11 perusahaan sampel.Metode analisis menggunakan regresi berganda untuk menguji hipotesis. Untuk mengetahui apakah NPF sebagai variabel intervening mempunyai fungsi mediasi digunakan analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Total Aset memiliki pengaruh positif signifikan terhadap NPF, namun berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROA. CAR memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap NPF, juga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA. Sedangkan FDR berpengaruh negatif signifikan terhadap NPF, namun berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROA. NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. NPF sebagai variabel intervening mampu memediasi pengaruh dari CAR dan FDR terhadap ROA.
Keywords : Islamic Commercial Banks, non-performing financing, ROA., bank umum syariah, non performing financing, ROA
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:49
Last Modified: 20 Jul 2022 01:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11169

Actions (login required)

View Item
View Item