PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

LIZA, Ruth Theodora and DALJONO, Daljono,(30 June 2022), PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (189kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (267kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (168kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (247kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (411kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja keuangan perusahaan yang dipengaruhi oleh good corporate governance yaitu dewan direksi, dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional pada perusahaan manufaktur. Variabel yang digunakan di dalam pengujian adalah jumlah direksi, dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional sebagai variabel independen, serta opini audit return on assets sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020 dengan total sampel sebanyak 210 sampel. Pengambilan sampel didasarkan pada metode purposive sampling yang mengikuti kriteria tertentu. Analisis regresi linear berganda merupakan metode analisis yang digunakan pada penelitian. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa direksi, dewan komisaris independen, komite audit, dan kepemilikan institusional menunjukkan hasil positif dan signifikan terhadap return on assets. Proporsi kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan return on assets.
Keywords : return on assets, board of directors, independent board of commissioners, audit committee, managerial ownership, institutional ownership., return on assets, direksi, dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Ruth Theodora Liza
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:10
Last Modified: 27 Jul 2022 03:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11218

Actions (login required)

View Item
View Item