ANALISIS PENGARUH LABA AKUNTANSI, TOTAL ARUS KAS, KOMPONEN ARUS KAS DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HARGA DAN RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Saham-Saham dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Jakarta)

SUSANTO, Maya Octavia and MAHFUD, Mohammad Kholiq and SUDARNO, Sudarno,(February 2007), ANALISIS PENGARUH LABA AKUNTANSI, TOTAL ARUS KAS, KOMPONEN ARUS KAS DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HARGA DAN RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Saham-Saham dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Jakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (76kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (127kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (142kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 2 yang mewajibkan agar perusahaan mencantumkan laporan arus kas sebagai bagian dari laporan keuangan, maka penelitian ini berusaha untuk menguji pengaruh total arus kas, komponen arus kas dan laba akuntansi terhadap harga dan return saham. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah unuk mengetahui pengaruh total arus kas, komponen arus kas dan laba akuntansi terhadap harga dan return saham dengan menggunakan model levels dan model return. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel perusahaan-perusahaan yang masuk dalam perhitungan indeks LQ45 selama tahun 2005. Tercatat sebanyak 52 perusahaan menjadi anggota populasi, namun hanya sebanyak 37 perusahaan yang digunakan sebagai sampel karena secara konsisten masuk dalam perhitungan Indeks LQ45. Teknik analisis regresi berganda dilakukan guna menguji hipotesis yang ada. Hasil penelitian ini adalah dengan model levels, laba akuntansi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap harga saham, sementara total arus kas tidak. Selain itu komponen-komponen arus kas juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap harga saham. Lebih lanjut dengan menggunakan return saham sebagai variabel terikat, total arus kas, laba akuntansi dan komponen-komponen arus kas tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan.
Keywords : total cash flows, cash flows components, accounting earning, financial report, stock prices, stock returns, levels model, return models., total arus kas, komponen arus kas, laba akuntansi, laporan keuangan, harga saham, return saham, model levels, model return.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:46
Last Modified: 27 Jul 2022 03:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item
View Item