Pengembangan Kapabilitas Kolaborasi Dinamis dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Jawa Tengah)

NABHAN, Faqih and FERDINAND, Augusty Tae and WAHYUDI, Sugeng and CHABACHIB, Mochammad,(March 2012), Pengembangan Kapabilitas Kolaborasi Dinamis dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (95kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (167kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (275kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan pendekatan teoritikal baru dalam memberi kontribusi konseptual mengenai pengaruh kolaborasi terhadap kinerja. Melalui telaah teoritis mendalam diharapkan diperoleh sebuah model konseptual mengenai kapabilitas kolaborasi yang diawali dengan beberapa konsep untuk mengembangkan kapabilitas kolaborasi dinamis, sehingga mampu meningkatkan kinerja bisnis. Populasi dalam penelitian ini adalah Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di Jawa Tengah dengan sampel 151 responden yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Responden adalah manajer Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner dengan kombinasi pertanyaan terbuka dan tertutup. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan orientasi kolaborasi dan harapan keberlanjutan kolaborasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap fleksibilitas organisasi. Kapabilitas pembelajaran dan pengalaman kolaborasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapabilitas integrasi sumberdaya unggul. Fleksibilitas organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektifitas organisasi, tetapi tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja bisnis. Kapabilitas integrasi sumberdaya unggul berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektifitas organisasi dan inovasi produk dan layanan, tetapi tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja bisnis. Efektifitas organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Inovasi produk dan layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektifitas organisasi dan kinerja bisnis. Temuan teoritis dari penelitian ini adalah (1) memberikan dukungan terhadap teori resource based view, teori interorganizational relationship, teori interfirms collaboration, teori organisasi, teori keefektifan organisasi, teori inovasi, konsep co-operatives dan konsep syariah (2) menjelaskan dukungan pengaruh penerapan prinsip syariah terhadap konsep fleksibilitas organisasi, (3) memberikan dukungan terhadap konsep bagi hasil syariah, (4) memperkaya literatur tentang peranan learning mechanism driver dan kapabilitas kolaborasi dinamis bagi peningkatan kinerja bisnis di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS).
Keywords : collaborative capabilities, relationships, organizational effectiveness, business performance, learning and cooperative shari’a., kapabilitas kolaborasi, relasi, efektifitas organisasi, kinerja bisnis,pembelajaran dan koperasi syariah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:47
Last Modified: 08 Aug 2022 06:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item
View Item