ANALISIS PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN LAINNYA TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Manufaktur di Bursa Efek Jakarta)

TINNEKE, Raden and SURYANTO, Suryanto and ZULAIKHA, Zulaikha,(31 May 2007), ANALISIS PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN LAINNYA TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Manufaktur di Bursa Efek Jakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (50kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (51kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (220kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh EVA (Economic Value Added), ROE (Return on Equity), PER (Price to Earning Ratio), DER (Debt to Equity Ratio), dan PBV (Price to Book Value) terhadap Return Saham. Permasalahan dalam penelitian ini muncul karena adanya research gap di antara hasil-hasil penelitian terdahulu seperti Imam Ghozali dan Irwansyah (2002), Jogiyanto Hartono dan Chendrawati (1999) menyatakan bahwa EVA tidak berpengaruh terhadap Return Saham, Lehn dan Makhija (1996) menemukan bukti berlawanan. Lehn dan Makhija (1996), menunjukkan bahwa ROE berpengaruh positif terhadap return saham, berbeda dengan penelitian Syahib Natarsyah (2000) yang tidak menemukan adanya pengaruh. Hasil penelitian Basu (1993) menemukan bukti bahwa PER berpengaruh negatif terhadap Return Saham, sebaliknya Barker (1999) justru menemukan bahwa PER berkorelasi positif dengan Return Saham. Harris K. Hekinus Manao (2000) menemukan bahwa DER tidak signifikan berpengaruh terhadap Harga Saham, bertentangan dengan hasil penelitian Setyaningsih, 2000 yang membuktikan bahwa DER berpengaruh negatif terhadap Return Saham. Hasil berbeda dari penelitian Syahib Natarsyah (2000) yang menunjukan DER berpengaruh signifikan positif terhadap Harga Saham. Siddartha Utama dan Anto Yulianto Budi Santosa (1998) menunjukan bahwa PBV berhubungan negatif dengan Return Saham, sedangkan Claude et al (1996) dan Ferson dan Harvey (1996) menunjukan bahwa PBV berhubungan positif dengan Return Saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang termasuk dalam klasifikasi industri manufaktur yang telah go public dan sahamnya terdaftar di BEJ dari tahun 2002 sampai dengan 2005. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Setelah melalui proses screening, didapatkan sampel sebanyak 77. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa PER berpengaruh negatif secara signifikan terhadap return saham, PBV berpengaruh positif secara sinifikan terhadap return saham, EVA berpengaruh positif terhadap return saham tetapi tidak signifikan, dan DER berpengaruh positif terhadap return saham tetapi tidak signifikan, sementara ROE harus dikeluarkan dari analisis karena multikolinear dengan PBV.
Keywords : EVA, ROE, PER, DER, PBV, dan Return of Share., EVA, ROE, PER, DER, PBV, dan Return Saham.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:04
Last Modified: 09 Aug 2022 07:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11314

Actions (login required)

View Item
View Item