PENGARUH EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT, REPUTASI AUDITOR, DAN SPESIALISASI AUDITOR TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Periode Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Pada Seluruh Perusahaan Yang Terdaftar di BEI)

FASHA, Tsaniya Nisya and RATMONO, Dwi,(5 August 2022), PENGARUH EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT, REPUTASI AUDITOR, DAN SPESIALISASI AUDITOR TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Periode Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Pada Seluruh Perusahaan Yang Terdaftar di BEI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (33kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (131kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh efektivitas komite audit, reputasi auditor, dan spesialisasi auditor terhadap audit report lag (ARL). Dalam penelitian variabel keahlian komite audit, jumlah anggota komite audit, rapat komite audit, piagam komite audit, reputasi auditor, dan spesialisasi auditor berlaku sebagai variabel independen. Adapun variabel kontrol yang digunakan dalam penelitian ini yakni pergantian auditor, ukuran perusahaan, dan profitabilitas. Selain itu, variabel dependen dalam penelitian ini yakni audit report lag. Sampel dalam penelitian adalah seluruh perusahaan yang listing di BEI tahun 2019-2020 dengan keseluruhan sampel 1192 sampel. pemilihan sampel mendasarkan pada metode purposive sampling dengan kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan peneliti. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara keseluruhan tahun penelitian (2019-2020) keahlian komite audit, jumlah anggota komite audit, rapat komite audit, reputasi auditor, dan ukuran perusahaan memengaruhi secara negatif signifikan terhadap audit report lag. Sedangkan piagam komite audit, spesialisasi auditor, pergantian auditor, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit report lag. Selain itu, hasil memperlihatkan pada saat sebelum pandemi (2019) keahlian komite audit, jumlah anggota komite audit, piagam komite audit, reputasi auditor, ukuran perusahaan, dan profitabilitas memengaruhi secara negatif signifikan terhadap audit report lag. Sedangkan rapat komite audit, spesialisasi auditor, dan pergantian auditor tidak berpengaruh terhadap audit report lag. Namun, hasil yang diperlihatkan pada saat pandemi (2020) hanya reputasi auditor yang berpengaruh secara negatif signifikan terhadap audit report lag. Sedangkan, keahlian komite audit, jumlah anggota komite audit, rapat komite audit, piagam komite audit, spesialisasi auditor, pergantian auditor, ukuran perusahaan, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit report lag.
Keywords : characteristics of the audit committee, auditor reputation, auditor specialization, audit report lag (ARL)., karakteristik komite audit, reputasi auditor, spesialisasi auditor, audit report lag (ARL).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Tsaniya Nisya Fasha
Date Deposited: 12 Aug 2022 09:32
Last Modified: 12 Aug 2022 09:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11353

Actions (login required)

View Item
View Item