WARDOYO, Paulus and MANGUNWIHARDJO, Suyudi and MIYASTO, Miyasto,(5 August 2011), ANALISIS ORIENTASI BELAJAR : PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN MELALUI PERILAKU MENJUAL YANG SANTUN (Studi Empiris di Bank Perkreditan Rakyat Anggota Perbarindo Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (161kB)
Download (161kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (81kB)
Download (81kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (82kB)
Download (82kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah model
konseptual pemasaran mengenai orientasi belajar dan orientasi pelanggan yang
masing-masing diikuti oleh alur-alur stratejik yang dapat ditelusuri untuk
meningkatkan kinerja tenaga penjualan. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian
atas dua model empirik. Model pertama menguji pengaruh keterbukaan dalam
berpikir, pola kerja cerdas, pengelolaan pengetahuan pelanggan, kemampuan
berkomunikasi yang santun, kepercayaan yang diberikan terhadap tenaga penjualan,
komitmen melakukan hubungan bisnis, terhadap kinerja tenaga penjualan. Model
kedua menguji pengaruh empati, pelatihan penjualan dan pengalaman kerja,
kemampuan melakukan presentasi penjualan yang santun terhadap kinerja tenaga
penjualan.
Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Perkreditan Rakyat di Jawa
Tengah. Penelitian ini, mengambil sampel sebanyak 140 responden yang tersebar dari
di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Responden adalah tenaga penjualan dari
Bank Perkreditan Rakyat. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang merupakan kombinasi
atas pertanyaan terbuka dan tertutup, yang selanjutnya diikuti dengan wawancara.
Data kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling
(SEM)
Temuan teoritis dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja
tenaga penjualan dibangun melalui proses pengelolaan pengetahuan pelanggan,
kemampuan berkomunikasi yang santun, kepercayaan terhadap tenaga penjual,
komitmen untuk menjalin hubungan bisnis. Jika tenaga penjualan memiliki
kemampuan untuk melakukan adaptabilitas yang tinggi atas perubahan pasar, maka
untuk meningkatkan kinerjanya, mereka perlu mengutamakan komitmen hubungan
bisnis. Temuan yang lain bahwa untuk meningkatkan kinerja tenaga penjualan
diperlukan adanya empati, pelatihan penjualan, pengalaman menjual serta
kemampuan melakukan presentasi penjualan yang santun.
Rekomendasi dari penelitian ini, untuk meningkatkan kinerja tenaga penjualan
yang dilakukan melalui pengelolaan pelanggan harus didasarkan pada market based
views yang diintegrasikan dengan resources based view. Sebaliknya jika peningkatan
kinerja tenaga penjualan dilakukan melalui empati, pelatihan penjulan dan
pengalaman, harus didasarkan pada resource based view. Temuan penelitian ini,
dapat dijadikan dasar bagi para pimpinan Bank Perkreditan Rakyat, bahwa untuk
pelatihan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan memberikan pembinaan.
Keywords : | customer, the ability to communicate a polite, commitment to business relationships, the ability to do a decent sales presentations and sales force performance., pelanggan, kemampuan berkomunikasi, komitmen hubungan bisnis, kemampuan melakukan presentasi penjualan dan kinerja tenaga penjualan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:00 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 02:02 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11356 |