RASYDA, Amanda Naura and SANTOSA, Purbayu Budi,(8 July 2022), ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR PRODUK OLAHAN DAGING HALAL PADA KONSUMEN MUSLIM (STUDI DI KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (222kB)
Download (222kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (195kB)
Download (195kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (195kB)
Download (195kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (220kB)
Download (220kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (435kB)
Download (435kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Produk olahan daging yang belum memiliki jaminan halal, menjadi suatu
perkara syubhat sebab konsumen muslim akan mengalami misinformation terkait
daging apa saja yang digunakan, dan apakah ada campuran bahan non halal lainnya
atau tidak. Produk yang telah memiliki sertifikasi halal akan memberikan jaminan
kepada konsumen muslim bahwa seluruh bahan yang digunakan dan proses
produksinya telah sesuai dengan prinsip syariah. Namun demikian, pengembangan dan
pengenalan strategi sertifikasi halal secara formal pada kegiatan produksi
memungkinkan peningkatan biaya produksi dan operasional yang pada akhirnya dapat
menghasilkan kenaikan harga konsumen untuk produk makanan halal. Adanya
kenaikan harga memungkinkan timbulnya efek negatif pada keinginan konsumen
untuk membeli produk bersertifikat halal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengestimasi nominal tambahan yang bersedia konsumen bayarkan dan
menyelidiki faktor-faktor penentu kesediaan konsumen muslim untuk membayar harga
yang lebih tinggi pada produk olahan daging yang memiliki label dan jaminan kualitas
halal.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim di Kecamatan Depok.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental
sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada
100 responden yang sesuai dengan karakteristik responden penelitian. Metode analisis
yang digunakan untuk mengestimasi nominal WTP ialah Contingent Valuation Method
(CVM) dan untuk melihat pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel
dependen digunakan analisis regresi logistik biner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen muslim di Kecamatan Depok
bersedia membayar lebih untuk produk olahan daging halal seperti bakso, sosis,
nugget, galantin, dan lain sebagainya dengan nominal tambahan sebesar Rp2.437 per
kemasan 500gr. Adapun empat variabel secara signifikan mempengaruhi kesediaan
membayar yakni variabel sikap, persepsi kontrol diri, identitas diri keagamaan, dan
religiusitas. Sedangkan variabel norma subjektif tidak berpengaruh terhadap kesediaan
membayar konsumen pada produk olahan daging halal.
Keywords : | Willingness to pay, processed halal meat product, attitude, subjective norms, perceived behavioral control, religious self-identity, religiosity, Kesediaan membayar, produk olahan daging halal, sikap, norma subjektif, persepsi kontrol diri, identitas diri keagamaan, religiusitas. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Amanda Naura Rasyda |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 01:59 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 02:11 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11389 |