ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR PRODUK OLAHAN DAGING HALAL PADA KONSUMEN MUSLIM (STUDI DI KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN)

RASYDA, Amanda Naura and SANTOSA, Purbayu Budi,(8 July 2022), ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR PRODUK OLAHAN DAGING HALAL PADA KONSUMEN MUSLIM (STUDI DI KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (222kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (220kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (435kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Produk olahan daging yang belum memiliki jaminan halal, menjadi suatu perkara syubhat sebab konsumen muslim akan mengalami misinformation terkait daging apa saja yang digunakan, dan apakah ada campuran bahan non halal lainnya atau tidak. Produk yang telah memiliki sertifikasi halal akan memberikan jaminan kepada konsumen muslim bahwa seluruh bahan yang digunakan dan proses produksinya telah sesuai dengan prinsip syariah. Namun demikian, pengembangan dan pengenalan strategi sertifikasi halal secara formal pada kegiatan produksi memungkinkan peningkatan biaya produksi dan operasional yang pada akhirnya dapat menghasilkan kenaikan harga konsumen untuk produk makanan halal. Adanya kenaikan harga memungkinkan timbulnya efek negatif pada keinginan konsumen untuk membeli produk bersertifikat halal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi nominal tambahan yang bersedia konsumen bayarkan dan menyelidiki faktor-faktor penentu kesediaan konsumen muslim untuk membayar harga yang lebih tinggi pada produk olahan daging yang memiliki label dan jaminan kualitas halal. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim di Kecamatan Depok. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang sesuai dengan karakteristik responden penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk mengestimasi nominal WTP ialah Contingent Valuation Method (CVM) dan untuk melihat pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen digunakan analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen muslim di Kecamatan Depok bersedia membayar lebih untuk produk olahan daging halal seperti bakso, sosis, nugget, galantin, dan lain sebagainya dengan nominal tambahan sebesar Rp2.437 per kemasan 500gr. Adapun empat variabel secara signifikan mempengaruhi kesediaan membayar yakni variabel sikap, persepsi kontrol diri, identitas diri keagamaan, dan religiusitas. Sedangkan variabel norma subjektif tidak berpengaruh terhadap kesediaan membayar konsumen pada produk olahan daging halal.
Keywords : Willingness to pay, processed halal meat product, attitude, subjective norms, perceived behavioral control, religious self-identity, religiosity, Kesediaan membayar, produk olahan daging halal, sikap, norma subjektif, persepsi kontrol diri, identitas diri keagamaan, religiusitas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Amanda Naura Rasyda
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:59
Last Modified: 22 Aug 2022 02:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11389

Actions (login required)

View Item
View Item