SITUMORANG, Tumpal Pangihutan and FERDINAND, Augusty Tae and INDRIANI, Farida,(16 June 2022), PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PREEMPTIVE MARKET EXPLOITABILITY (Studi Empirik UKM Industri Kreatif Kriya di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (48kB)
Download (48kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (95kB)
Download (95kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (94kB)
Download (94kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (200kB)
Download (200kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (587kB)
Download (587kB)
Text (Fulltex PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (9MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Usaha kecil dan menengah terus mengoptimalkan kinerja bisnisnya sebagai upaya merespon perubahan dan persaingan yang kompetitif. Oleh karena itu memiliki sumber daya yang unggul menjadi point penting bagi perusahaan
dalam memenangkan persaingan. Latar belakang penelitian ini terdapat kesenjangan riset (research gap) orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Kesenjangan penelitian dan perbedaan hasil tersebut mendorong
pengembangan penelitian ini.
Model konseptual baru yang dikembangkan dalam penelitian berakar pada
resource advantage theory of competition. Preemptive Market Exploitability (PME)
diajukan sebagai variabel mediasi dalam mengisi gap penelitian orientasi
kewirausahaan dan kinerja pemasaran. Sintesis dari teori tersebut menjawab
permasalahan yang telah diuraikan dan menjadi gambaran strategi perusahaan
meningkatkan kinerja bisnisnya. Preemptive Market Exploitability adalah
kemampuan perusahaan lebih dahulu mengekploitasi pasar dengan karakteristik
cepat mengambil keputusan bisnis, cepat memberikan solusi terhadap kebutuhan
dan permintaan pasar serta menyelaraskan permintaan pasar masa depan, secara
kontinu memberikan dukungan pada sumber daya untuk mengupgrade kompetensinya agar cepat mengembangkan dan memperkenalkan produk pada pasar. Non probability sampling dengan teknik purposive sampling menjadi pilihan dalam penelitian ini. Sampel akhir dalam penelitian ini adalah 264 pemilik usaha pada industri kreatif sub sektor kriya pada empat Kabupaten di Jawa Tengah.
Program SPSS dan model persamaan struktural SEM AMOS versi 22 digunakan
untuk menganalisis data serta menguji hipotesis.
Analisis kuantitatif menghasilkan penerimaan hipotesis yang diajukan
dengan beberapa temuan signifikan. Temuan yang paling penting adalah bahwa
perusahaan harus berinvestasi pada pengembangan sumber daya agar preemptive
market exploitability menjadi kemampuan sekaligus aset strategis perusahaan
dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Kontribusi penelitian ini memberikan
perspektif baru mengenai peran peran manajemen sangat penting dalam
mengkonfigurasi strategi berdasarkan keunggulan sumber daya dikembangkan dan
dinamika persaingan harus dipahami sebagai strategi yang memprovokasi
ketidakseimbangan melalui strategi inovasi. Preemptive market exploitability
memberikan bukti bahwa konsep tersebut sangat layak disebut sebagai novelty
yang kontributif
Keywords : | Entrepreneurial Orientation, preemptive market exploitability, Quality based diffrentatiaon, market oreintation, technology capability, marketing performance, Entrepreneurial Orientation, preemptive market exploitability, Quality based diffrentatiaon, market oreintation, technology capability, marketing performance |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Tumpal Pangihutan Situmorang |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 03:03 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 03:04 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11405 |