PERTUMBUHAN BERBASIS INOVASI MEMEDIASI STRUKTUR MODAL DALAM PENCIPTAAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia)

MAHIRUN, Mahirun and WAHYUDI, Sugeng and MUHARAM, Harjum,(August 2017), PERTUMBUHAN BERBASIS INOVASI MEMEDIASI STRUKTUR MODAL DALAM PENCIPTAAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (222kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (221kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (289kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (591kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Secara konseptual tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan pendekatan teoritikal baru, sebagai upaya untuk menyelesaikan kontroversi konseptual tentang pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Adapun, upaya yang dilakukan adalah dengan cara mengikutsertakan pertumbuhan dan inovasi, sehingga dapat dibangun suatu grand theoritical model yang diusulkan. Secara operasional penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: pengaruh struktur modal, risiko bisnis, set peluang investasi, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, pengaruh struktur modal, set peluang investasi, dan ukuran perusahaan terhadap pertumbuhan berbasis inovasi, pengaruh pertumbuhan berbasis inovasi terhadap nilai perusahaan, pengaruh struktur modal, set peluang investasi, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang dimediasi oleh pertumbuhan berbasis inovasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur dan perusahaan-perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kurun waktu pengamatan mulai tahun 2007 sampai dengan tahun 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 22 sampel perusahaan dengan data R&D khusus pengeluaran R&D, serta untuk data R&D sesuai PSAK 19 diperoleh sebanyak 49 sampel perusahaan. Selanjutnya, pengujian terhadap seluruh hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan path analysis melalui paket program Amos. Temuan utama penelitian ini adalah konsep pertumbuhan berbasis inovasi merupakan mediasi terhadap pengaruh struktur modal, dan set peluang investasi terhadap nilai perusahaan untuk sampel penelitian R&D sesuai PSAK 19. Sruktur modal dan set peluang investasi yang menjadi sampel dalam penelitian ini mempunyai pengaruh tidak langsung yang bermakna dalam upaya meningkatkan nilai perusahaan melalui pertumbuhan berbasis inovasi. Temuan penelitian ini sekaligus mendorong perusahaan untuk melakukan inovasi melalui investasi di pertumbuhan aset dan biaya R&D. Biaya R&D yang disarankan di penelitian ini adalah digunakan untuk kegiatan riset seperti pengembangan SDM (pendidikan, meliputi pengembangan produk dan peralatan.
Keywords : firm value, capital structure, business risk, investment opportunity set, firm size, innovation-based growth., nilai perusahaan, struktur modal, risiko bisnis, set peluang investasi, ukuran perusahaan, pertumbuhan berbasis inovasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 26 Aug 2022 09:17
Last Modified: 26 Aug 2022 09:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11433

Actions (login required)

View Item
View Item