PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan dalam Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

FAIDA, Dwi Nur and HADIPRAJITNO, Paulus Th Basuki,(15 August 2022), PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan dalam Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (48kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (22kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (139kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan modal kerja semakin meningkat, seiring dengan semakin bertumbuhnya perusahaan. Hal ini menjadikan manajemen modal kerja merupakan hal yang penting bagi perusahaan, karena manajemen modal kerja mencakup pengelolaan kegiatan operasional perusahaan. Manajemen modal kerja yang efisien dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan. Sedangkan manajemen modal kerja yang buruk dapat menyebabkan menurunnya profitabilitas dan bahkan mengalami rugi, seperti yang dialami beberapa perusahaan dalam sektor barang konsumen primer. Perusahaan yang mengalami rugi ini, jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Padahal juga diketahui bahwa perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam sektor ini, semakin meningkat tiap tahunnya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menemukan bukti pengaruh manajemen modal kerja yang meliputi periode penerimaan rata-rata, periode konversi persediaan, periode penangguhan utang, dan arus kas operasi terhadap profitabilitas perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling dan diperoleh 79 perusahaan dengan total sampel 276. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa periode konversi persediaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sementara itu, arus kas operasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan periode penerimaan rata-rata dan periode penangguhan utang tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan.
Keywords : working capital management, cash conversion cycle, average collection period, inventory conversion period, payable deferral period, operating cash flow, and profitability., manajemen modal kerja, siklus konversi kas, periode penerimaan rata-rata, periode konversi persediaan, periode penangguhan utang, arus kas operasi, dan profitabilitas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Dwi Nur Faida
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:32
Last Modified: 08 Sep 2022 07:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11487

Actions (login required)

View Item
View Item