PENGARUH PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Perusahaan yang Tercatat dalam Jakarta Islamic Index 70)

AMALIA, Luthfina Zahrotul and SANTOSA, Purbayu Budi,(11 April 2022), PENGARUH PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Perusahaan yang Tercatat dalam Jakarta Islamic Index 70). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peristiwa politik dapat berpengaruh terhadap kondisi pasar modal suatu negara karena berkaitan erat dengan kestabilan ekonomi nasional. Salah satu peristiwa yang berpengaruh pada pasar modal adalah peristiwa pemilihan umum (pemilu). Pemilu tahun 2019 adalah pertama kalinya pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif dilakukan secara serentak di Indonesia. Akan tetapi, tingginya antusiasme masyarakat pada pemilu ini yang mencapai 81%, tidak dibarengi dengan naiknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang bulan April 2019. IHSG bergerak secara fluktuatif dan cenderung mengalami penurunan. Penelitian ini adalah event study yang bertujuan untuk menguji adanya perbedaan abnormal return saham dan trading volume activity saham antara periode sebelum dan sesudah peristiwa pemilihan umum tahun tanggal 17 April tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder yang dipublikasikan pada website Bursa Efek Indonesia. Populasi data adalah 70 perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index 70 (JII70), sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 58 perusahaan. Periode peristiwa yang diteliti adalah 20 hari yang terdiri dari 10 hari sebelum dan 10 hari sesudah peristiwa pemilu 2019. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat perbedaan abnormal return yang signifikan, tetapi terdapat perbedaan trading volume activity yang signifikan antara sebelum dan sesudah peristiwa pemilu 17 April 2019.
Keywords : The 2019 General Election, Event Study, Abnormal Return, Trading Volume Activity., Pemilihan Umum Tahun 2019, Event Study, Abnormal Return, Trading Volume Activity.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Luthfina Zahrotul Amalia
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:32
Last Modified: 23 Sep 2022 07:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

View Item
View Item