INEFISIENSI INVESTASI ASET TETAP DAN PEMEGANG SAHAM PENGENDALI DALAM HUBUNGAN ALIRAN KAS BEBAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

FAKHRONI, Zaki and GHOZALI, Imam and HARTO, Puji and YUYETTA, Etna Nur Afri,(17 March 2017), INEFISIENSI INVESTASI ASET TETAP DAN PEMEGANG SAHAM PENGENDALI DALAM HUBUNGAN ALIRAN KAS BEBAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (25kB)
[thumbnail of Abstrak (inggris)] Text (Abstrak (inggris)) - Published Version
Download (274kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (204kB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (897kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (566kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji inefisiensi investasi aset tetap dalam memediasi hubungan aliran kas bebas dengan manajemen laba, dan menguji pemegang saham pengendali dalam memoderasi hubungan aliran kas bebas dengan inefisiensi investasi aset tetap. Masalah penelitian (research problem) yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan aliran kas bebas untuk inefisiensi investasi aset tetap pada akhirnya dapat meningkatkan manajemen laba, dan apakah pemegang saham pengendali merupakan faktor kontekstual dalam penggunaan aliran kas bebas untuk inefisiensi investasi aset tetap. Penelitian ini menginvestigasi bukti empiris baru berkaitan dengan praktik manajemen laba, yang disebabkan adanya aliran kas bebas yang digunakan untuk kegiatan investasi aset tetap yang tidak efisien. Sampel penelitian perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 hingga tahun 2015. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling, diperoleh sampel 127 unit analisis perusahaan manufaktur. Penyelesaian estimasi path model menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program WarpPLS versi 5,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung aliran kas bebas berpengaruh positif terhadap manajemen laba, yaitu manajemen laba akrual dan manajemen laba riil. Inefisiensi investasi aset tetap memediasi hubungan aliran kas bebas dengan manajemen laba, yaitu manajemen akrual dan manajemen laba riil. Sedangkan pemegang saham pengendali memoderasi hubungan aliran kas bebas dengan inefisiensi investasi aset tetap.
Keywords : free cash flow, discretionary accruals, real earnings management, inefficiency of fixed asset investment, controlling shareholders., aliran kas bebas, manajemen laba akrual, manajemen laba riil inefisiensi investasi aset tetap, pemegang saham pengendali.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:38
Last Modified: 29 Sep 2022 04:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item
View Item