Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi (Studi pada PSIS Store)

PRAYOGO, Ezza Fendiansyah and YOESTINI, Yoestini,(13 September 2022), Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi (Studi pada PSIS Store). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (136kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (132kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara multikultural dengan jumlah penduduk yang sangat besar. Sebagai negara multikultural dengan jumlah penduduk yang besar, animo masyarakat terhadap olahraga juga sangat besar, terutama pada olahraga sepak bola. Dengan besarnya minat masyarakat terhadap sepak bola, hampir semua daerah di Indonesia memiliki tim atau klub yang mewakili daerah tersebut, tak terkecuali Kota Semarang dengan klubnya, yaitu PSIS Semarang. Sebagai salah satu klub terbesar dan terpopuler di persepakbolaan Indonesia, PSIS Semarang memiliki sebuah toko resmi yang menyediakan berbagai merchandise dari PSIS Semarang, yakni PSIS Store. Seiring dengan banyaknya jumlah penduduk yang diprediksi akan terus meningkat dan semakin besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap persepakbolaan Indonesia, peluang pasar PSIS Store tentu juga sangat besar. Namun, kehadiran PSIS Store kurang mendapat reaksi keputusan pembelian yang masif diantara masyarakat, bahkan dari suporter PSIS Semarang itu sendiri. Selain fenomena tersebut, ditemui adanya kesenjangan dan inkonsistensi hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Tak hanya itu, pentingnya pemanfaatan dan peningkatan media sosial, brand awareness serta dampaknya terhadap keterlibatan dan keputusan pembelian konsumen, masih kurang untuk diteliti, utamanya pada bidang olahraga sebagai subjek atau objek penelitiannya. Dengan adanya fenomena dan kesenjangan penelitian sebelumnya, penelitian bertujuan untuk mengkonfirmasi pengaruh variabel social media marketing terhadap variabel keputusan pembelian yang belum konsisten, dengan brand awareness sebagai variabel mediasi. Penelitian ini diawali dengan mengembangkan suatu model penelitian antara social media marketing, brand awareness, dan keputusan pembelian. Data diperoleh dari 120 responden yang telah mengisi kuesioner yang disediakan melalui media google form. Responden merupakan konsumen dari PSIS Store yang telah melaksanakan minimal dua kali pembelian dan berusia minimal 18 tahun. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan alat analisis AMOS ver26. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian, social media marketing berpengaruh signifikan positif terhadap brand awareness, dan brand awareness berpengarug signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Social Media Marketing, Brand Awareness, Keputusan Pembelian
Keywords : Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchasing Decision, Social Media Marketing, Brand Awareness, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ezza Fendiansyah Prayogo
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:49
Last Modified: 21 Nov 2022 02:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11657

Actions (login required)

View Item
View Item