THE ROLE OF CORPORATE GOVERNANCE MECHANISMS ON FINANCIAL REPORTING QUALITY AND FIRM PERFORMANCE WITH DIVIDEND POLICY AS MODERATING VARIABLE (Empirical Study on Companies Listed in Indonesia Stock Exchange)

SHLOF, Mohamed and ROHMAN, Abdul and HARTO, Puji,(January 2018), THE ROLE OF CORPORATE GOVERNANCE MECHANISMS ON FINANCIAL REPORTING QUALITY AND FIRM PERFORMANCE WITH DIVIDEND POLICY AS MODERATING VARIABLE (Empirical Study on Companies Listed in Indonesia Stock Exchange). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak) - Submitted Version
Download (4MB)
[thumbnail of List Of Tables] Text (List Of Tables) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of References] Text (References) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmrks] Text (Fulltext PDF Bookmrks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada kinerja perusahaan dan analisis dilakukan dengan meneliti pengaruh tata kelola perusahaan, karakteristik perusahaan, dan kualitas pelaporan keuangan sebagai variabel intervening, kompensasi eksekutif berdasarkan kerangka teori keagenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran mekanisme tata kelola perusahaan tentang kualitas pelaporan keuangan dan kinerja perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Dalam penelitian ini, sampelnya perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2009-2014. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan variabel moderating dan variabel intervening.Berdasarkan dari hasil analisis data, kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Remunerasi dan kompensasi praktek memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelaporan keuangan. Keahlian komite audit tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan. Kepemilikan manajerial memiliki pengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan. Kepemilikan saham institusional berpengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan. Kompensasi eksekutif tidak berpengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan. Hak dan kewajiban pemegang saham tidak berpengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan. Keterlibatan pemegang saham memiliki pengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan. Pengungkapan dan transparansi tidak mempengaruhi kualitas pelaporan keuangan. Peran stakeholder mempengaruhi kualitas pelaporan keuangan. Kualitas pelaporan keuangan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Mekanisme internal tata kelola perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan tetapi tidak signifikan. Mekanisme eksternal tata kelola perusahaan memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Kebijakan dividen tidak dapat memperkuat hubungan antara mekanisme internal dan eksternal tata kelola perusahaan dan kualitas pelaporan keuangan. Kualitas laporan keuangan memediasi hubungan antara mekanisme tata kelola perusahaan internal dan eksternal terhadap kinerja perusahaan.
Keywords : Financial reporting quality, Internal mechanism corporate governance, External mechanism corporate governance, Dividend policy., kualitas pelaporan keuangan, mekanisme corporate governance internal, mekanisme corporate governance eksternal, kebijakan dividen.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:03
Last Modified: 19 Oct 2022 02:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item
View Item