ANALISIS PENGARUH RISIKO BANK DAN PUBLIC LISTING TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH

UTAMI, Indah Jati and SYAICHU, Muhamad,(26 September 2022), ANALISIS PENGARUH RISIKO BANK DAN PUBLIC LISTING TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (110kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas pada bank dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu faktor spesifik bank, faktor industri, dan faktor makro ekonomi. Dari 3 faktor tersebut faktor spesifik bank merupakan faktor yang dapat dikelola oleh pihak bank. Sehingga bank harus dengan tepat dalam melakukan manajemen terhadap faktor tersebut karena dapat mempengaruhi profitabilitas yang diperoleh. Faktor spesifik bank yang digunakan dalam penelitian ini adalah risiko pembiayaan, risiko insolvensi, risiko operasional, risiko likuiditas, dan public listing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Risiko Pembiayaan, Risiko Insolvensi, Risiko Operasional, Risiko Likuiditas, dan Public Listing terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik sensus dalam pengambilan sampelnya, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik ini dipilih dengan harapan dapat memberikan karakteristik setiap elemen dalam populasi sehingga dapat memberikan gambaran yang sesungguhnya dari perbankan syariah di Indonesia. Data diperoleh dari laporan triwulan I 2021 – triwulan I 2022 pada 12 Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Risiko Pembiayaan, Risiko Insovensi, Risiko Operasional, berpengaruh negatif signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), sedangkan variabel Risiko Likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), serta variabel Public Listing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Besarnya kemampuan untuk menjelaskan variabel dependen yang diberikan oleh variabel independen tersebut sebesar 58%.
Keywords : Profitability, Financing Risk, Insolvency Risk, Operational Risk, Liquidity Risk, Public Listing., Profitabilitas, Risiko Pembiayaan, Risiko Insolvesi, Risiko Operasional, Risiko Likuiditas, Public Listing.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Indah Jati Utami
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:04
Last Modified: 20 Oct 2022 04:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11758

Actions (login required)

View Item
View Item