ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH MIKRO DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN DI BPRS BANK MITRA BOJONEGORO

KARLINA, Rahma dwi ayu and ARIANTI, Fitrie,(10 October 2022), ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH MIKRO DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN DI BPRS BANK MITRA BOJONEGORO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (289kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (182kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (438kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya peran UMKM bagi Indonesia tidak meluputkannya dari masalah pokok seperti permodalan, terutama sektor usaha mikro yang masih memiliki akses rendah terhadap perbankan. Dalam hal ini, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) memiliki peran penting karena fokus pasar BPRS adalah sektor usaha mikro. BPRS Bank Mitra adalah satu-satunya BPRS yang ada di Kabupaten Bojonegoro yang menjalankan kegiatan usahanya dengan prinsip syariah. Kabupaten Bojonegoro merupakan kabupaten dengan perkembangan UMKM yang signifikan. Penerapan syariah di BPRS Bank Mitra, juga sejalan dengan kondisi masyarakat Bojonegoro yang mayoritas beragama Islam. BPRS Bank Mitra memfokuskan perhatiannya pada sektor usaha mikro melalui pembiayaan mikro ekspress, namun dalam realisasinya BPRS Bank Mitra hanya mampu menjangkau 0,64% UMKM, jauh dari jumlah UMKM yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Sektor UMKM di Kabupaten Bojonegoro juga masih mengalami permasalahan akses ke lembaga keuangan formal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, motivasi, dan lokasi terhadap keputusan pedagang dalam mengambil pembiayaan di BPRS Bank Mitra. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah usaha mikro BPRS bank Mitra sebanyak 435 nasabah dan diambil sampel sebanyak 100 nasabah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen, kualitas pelayanan, dan motivasi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam mengambil pembiayaan mikro eskpress di BPRS Bank Mitra.
Keywords : consumers decision, knowledge, quality of service, motivation, location., keputusan nasabah, pengetahuan konsumen, kualitas pelayanan, motivasi, lokasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Rahma Dwi Ayu Karlina
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:23
Last Modified: 28 Oct 2022 07:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11781

Actions (login required)

View Item
View Item