PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

NURLAILA, Fauziyah Syifa and RAHARJA, Surya,(11 October 2022), PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Abstrack (Inggris)] Text (Abstrack (Inggris)) - Published Version
Download (234kB)
[thumbnail of Abstrack (Indonesia)] Text (Abstrack (Indonesia)) - Published Version
Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (446kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (400kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Boomarks] Text (Fulltext PDF Boomarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance terhadap penghindaran pajak pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel dependen yang diuji dalam penelitian ini adalah penghindaran pajak. Sementar itu, variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, jumlah dewan direksi dan kualitas audit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bloomberg database. Jumlah sampel akhir yang digunakan sebanyak 135 sampel perusahaan keuangan pada tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan purposive sampling. Metode analisis data pada penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian memberikan bukti bahwa kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan kualitas audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap effective tax rate sehingga hipotesisi diterima. Sedangkan,variabeljumlah dewan direksi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap effective tax rate.
Keywords : Corporate Governance, Institusional Ownership, Managerial Ownership, Board of Directors, audit quality, tax avoidance, effective tax rate, Corporate Governance, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Jumlah Dewan Direksi, Kualitas Audit, Penghindaran pajak, Effective Tax Rate.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Fauziyah Syifa Nurlaila
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:53
Last Modified: 07 Nov 2022 07:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11800

Actions (login required)

View Item
View Item