MANAJEMEN REAKSIONER “SAK DEG SAK NYET”: KONSTRUKSI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM KONTEK PERUBAHAN ORGANISASI (STUDI PERUBAHAN STATUS PTN "X" MENJADI PTNBH)

DALJONO, Daljono and CHARIRI, Anis and PRABOWO, Tri Jatmiko Wahyu,(28 December 2021), MANAJEMEN REAKSIONER “SAK DEG SAK NYET”: KONSTRUKSI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM KONTEK PERUBAHAN ORGANISASI (STUDI PERUBAHAN STATUS PTN "X" MENJADI PTNBH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (80kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (153kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (359kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (307kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sistem pengendalian manajemen yang sesuai dengan konteks perubahan organisasi pendidikan yang cenderung dinamis dan banyak mendapat tekanan eksternal. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen PTN “X” memaknai otonomi kampus. Bagaimana PTN “X” yang otonom mengelola perubahan SPM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Teori konstruksi sosial digunakan sebagai dasar analisis dalam penelitian ini untuk menjelaskan hasil penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa PTN “X” memaknai otonomi lebih ke otonomi non akademik. Karena dalam hal akademik, otonomi PTN “X” masih mengikuti struktur kependidikan kementerian. Belum secara independen otonom secara kompetensi. Lebih tepat lagi otonomi non akademik yang dimaksud oleh PTN “X” lebih cenderung ke arah keuangan dan fokus kepada kesejahteraan. Selanjutnya untuk mengungkap bagaimana PTN “X” mengelola perubahan Sistem Pengendalian Manajemen (SPM), penelitian ini menemukan domain utama selain otonomi yang juga penting dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya di dalam upaya tercapainya sebuah tujuan pada seluruh visi dan misi Perguruan Tinggi (PTN “X”). Domain tersebut adalah lingkungan organisasi, strategi organisasi, struktur organisasi, budaya dan identitas organisasi, yang selanjutnya akan bermuara pada pencapaian kinerja organisasi.
Keywords : Social Construction Theory, Campus Autonomy, Management Control System (SPM)., Teori Konstruksi Sosial, Otonomi Kampus, Sistem Pengendalian Manajemen.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:20
Last Modified: 10 Jan 2023 02:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11820

Actions (login required)

View Item
View Item