ANALISIS RELEVANSI NILAI ATAS LABA AKUNTANSI, NILAI BUKU EKUITAS, ASET KEUANGAN, DAN LIABILITAS KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ45 (Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020)

WIBAWA, Dava Rahma Satria and RAHARDJO, Shiddiq Nur,(18 October 2022), ANALISIS RELEVANSI NILAI ATAS LABA AKUNTANSI, NILAI BUKU EKUITAS, ASET KEUANGAN, DAN LIABILITAS KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ45 (Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (973kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (973kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (973kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (973kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (973kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (971kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi nilai atas laba akuntansi, nilai buku ekuitas, aset keuangan, dan liabilitas keuangan terhadap harga saham pada perusahaan Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2020. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan dan analisis data penelitian menggunakan SPSS 27. Model pengukuran dalam penelitian ini menggunakan price model Ohlson (1995) untuk melihat pengaruh laba akuntansi, nilai buku ekuitas, aset keuangan, dan liabilitas keuangan terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan sampel 30 perusahaan Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020 yang telah diseleksi menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dapat diakses melalui website Bursa Efek Indonesia, Stockbit, dan Yahoo Finance. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, laba akuntansi yang dinyatakan menggunakan rasio earning per share (EPS) dan nilai buku ekuitas yang dinyatakan dengan rasio book value per share (BVPS) terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Sedangkan aset keuangan dan liabilitas keuangan terbukti tidak signifikan terhadap harga saham perusahaan Indeks LQ45 periode 2017-2020. Maka dapat disimpulkan bahwa laba akuntansi dan nilai buku ekuitas memiliki relevansi nilai karena memuat informasi yang dibutuhkan oleh investor dalam berinvestasi.
Keywords : Value Relevance, Earnings, Book Value of Equity, Financial Assets, Financial Liabilities, Stock Prices, LQ45, Fair Value., Relevansi Nilai, Laba Akuntansi, Nilai Buku Ekuitas, Aset Keuangan, Liabilitas Keuangan, Harga Saham, LQ45, Nilai Wajar.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Dava Rahma Satria Wibawa
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:05
Last Modified: 17 Nov 2022 03:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11822

Actions (login required)

View Item
View Item