PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Perusahaan Perbankan Asia Tenggara tahun 2016 – 2020)

WAKHIDAH, Laila Murningsih Novrian and MAWARDI, Wisnu,(20 October 2022), PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Perusahaan Perbankan Asia Tenggara tahun 2016 – 2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (111kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (25kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (246kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komite audit, dewan direksi, dan dewan komisaris terhadap kinerja keuangan (studi empiris Perusahaan Perbankan Asia Tenggara 2016-2020). Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, komite audit, duality ceo, dewan direksi dan dewan komisaris. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kinerja keuangan yang di ukur dengan Return On Asset (ROA). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Perbankan Asia Tenggara tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 88 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis regresi data panel yang diolah menggunakan Eviews 10. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, dewan direksi berhubungan positif signifikan terhadap kinerja keuangan, dan dewan komisaris berhubungan positif signifikan teradap kinerja keuangan. Pengaruh variabel kontrol (Ukuran perusahaan dan inflasi) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan.
Keywords : audit committee, board of directors, board of commissioners, financial performance, komite audit, dewan direksi, dewan komisaris, kinerja keuangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Laila Murningsih Novrian Wakhidah
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:55
Last Modified: 24 Nov 2022 03:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11838

Actions (login required)

View Item
View Item