IMPACT OF GREEN MARKETING ON CUSTOMER PURCHASE INTENTION USING CUSTOMER CONCERN AND BELIEFS AND GREEN BRAND KNOWLEDGE AS THE INTERVENING VARIABLES (Study on Unilever Customers in Indonesia)

MULYA, Epifania Adita Wijaya and KUSUMAWARDHANI, Amie,(4 November 2022), IMPACT OF GREEN MARKETING ON CUSTOMER PURCHASE INTENTION USING CUSTOMER CONCERN AND BELIEFS AND GREEN BRAND KNOWLEDGE AS THE INTERVENING VARIABLES (Study on Unilever Customers in Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (104kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (193kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini masyarakat mulai memperhatikan dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap isu lingkungan dan perubahan iklim. Meningkatnya kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan telah mengubah perilaku pelanggan dan bisnis, di mana pelanggan mulai melakukan lebih banyak melakukan konsumsi yang ramah lingkungan, dan bisnis telah mengubah kegiatan bisnis mereka ke arah yang hijau dan berkelanjutan. Dikarenakan aktivitas bisnis yang berubah, salah satu cara untuk melakukan aktivitas bisnis yang tidak merusak lingkungan adalah dengan melakukan pemasaran hijau. Salah satu perusahaan yang memperhatikan kegiatan usahanya dan banyak melakukan kegiatan lingkungan adalah unilever indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran hijau (green marketing) terhadap minat beli pelanggan dengan menggunakan dua variabel intervening, yaitu pengetahuan merek hijau dan kekhawatiran dan keyakinan pelanggan, khususnya pada pelanggan Unilever di Indonesia. Untuk menganalisis hubungan antara pemasaran hijau, kekhawatiran dan keyakinan pelanggan, pengetahuan merek hijau, dan minat membeli pelanggan, kerangka penelitian dikembangkan menggunakan Teori Perilaku Terencana (Theory of Planned Behaviour). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 192 responden yang mewakili Indonesia. Responden tersebut berusia di atas 17 tahun ke atas, juga meengetahui Unilever sebagai merek hijau. Program Analysis Moment of Structural (AMOS) digunakan sebagai alat untuk analisis kuantitatif dan struktural data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengetahuan merek hijau dan kekhawatiran dan keyakinan pelanggan. Selain itu, pengetahuan merek hijau dan kekhawatiran dan keyakinan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan minat beli pelanggan. Terlebih lagi, merek hijau dan kekhawatiran dan keyakinan pelanggan telah terbukti memediasi pemasaran hijau dan minat beli pelanggan. Dengan demikian, semua hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Keywords : Green Marketing, Green Brand Knowledge, Customer Concern and Beliefs, Customer Purchase Intention, Pemasaran Hijau, Pengetahuan Merek Hijau, Kekhawatiran Dan Keyakinan Pelanggan, Minat Beli Pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Epifania Adita Wijaya Mulya
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:04
Last Modified: 25 Nov 2022 03:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item
View Item