ANALISIS PENGARUH DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM PEMBERDAYAAN DAN PERKEMBANGAN USAHA MIKRO MUSTAHIK (PENERIMA ZAKAT) DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus UMKM Penerima Zakat BAZNAS Jawa Tengah)

BUDIAWATI, Novia and DARWANTO, Darwanto,(14 November 2022), ANALISIS PENGARUH DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM PEMBERDAYAAN DAN PERKEMBANGAN USAHA MIKRO MUSTAHIK (PENERIMA ZAKAT) DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus UMKM Penerima Zakat BAZNAS Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (335kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (220kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (531kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (335kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di suatu negara, maka salah satu usaha yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi merupakan alat untuk mencapai tujuan tersebut, karena pembangunan ekonomi mengandung unsur yang hakiki yang dapat merubah nasib manusia dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan program pemberdayaan masyarakat melalui pemberian bantuan dana zakat produktif untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh dari bantuan dana zakat produktif yang diberikan BAZNAS Jawa Tengah terhadap perkembangan usaha mikro para mustahik penerima zakat. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan Uji Beda Wilcoxon Signed Rank dimana jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Metode deskriptif bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dan pemberdayaan zakat di BAZNAS Jawa tengah dan Uji Beda Wilcoxon Signed Rank bertujuan untuk menganalisis pengaruh zakat produktif terhadap modal usaha, pendapatan usaha, kentungan usaha, dan pengeluaran rumah tangga. Dari hasil peneliitian menunjukkan bahwa program Baznas Microfinance yang dicanangkan Baznas Jawa Tengah dalam pemberian bantuan dana zakat produktif menunjukkan adanya pengaruh terhadap perkembangan usaha mikro mustahik dari segi modal usaha, pendapatan usaha, keuntungan usaha, dan pengeluaran rumah tangga.
Keywords : MSMEs, Productive Zakat, Zakat Fund Assiitance, Business Capital, Business Income, Business Benefits, Houshold Expenditures., UMKM, Zakat Produktif, Bantuan Dana Zakat, Modal Usaha, Pendapatan Usaha, Keuntungan Usaha, Pengeluaran Rumah Tangga.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Novia Budiawati
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:42
Last Modified: 20 Dec 2022 07:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11927

Actions (login required)

View Item
View Item