ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN RISIKO BISNIS PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021)

AGHNITAMA, Rivan Dwi and WIDYARTI, Endang Tri,(24 November 2022), ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN RISIKO BISNIS PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (150kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (422kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (460kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (449kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Faktor ketidakpastian pendapatan dividen yang lebih kecil daripada capital gain membuat para investor cenderung untuk menginvestasikan modalnya pada perusahaan-perusahaan yang memiliki kebijakan dividen menarik dan stabil. Meski begitu, kebijakan dividen yang direfleksikan oleh dividend payout ratio juga memiliki gejolak tersendiri yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Gejolak tersebut dapat diamati dalam sampel data kebijakan dividen yang bervariasi pada perusahaan-perusahaan sektor Barang Konsumen Primer meskipun tingkat profitabilitas mereka cenderung stabil. Tentu hal tersebut mengindikasikan adanya beberapa faktor lain yang mempengaruhi manajemen dalam menetapkan kebijakan dividen perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu profitabilitas, leverage, likuiditas, dan risiko perusahaan terhadap variabel terikatnya yaitu kebijakan dividen. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Total sampel yang digunakan adalah 17 perusahaan yang terdaftar di BEI dalam sektor Barang Konsumen Primer selama tahun 2016- 2021. Pengujian hipotesis ini menggunakan regresi linier berganda dengan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa rasio return on asset (ROA) yang merupakan proksi dari variabel profitabilitas, memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen yang diproksikan dengan dividend payout ratio (DPR). Variabel leverage yang diproksikan dengan debt-to-total-asset ratio (DAR) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap dividend payout ratio (DPR). Variabel likuiditas yang diproksikan dengan current ratio (CR) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap dividend payout ratio (DPR). Variabel risiko perusahaan yang diproksikan secara inverse dengan price/earnings ratio (PER), memiliki pengaruh positif signifikan terhadap dividend payout ratio (DPR). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa peningkatan profitabilitas pada suatu perusahaan akan berpengaruh pada peningkatan kebijakan dividen perusahaan tersebut. Sebaliknya, peningkatan leverage serta risiko perusahaan akan berpengaruh pada penurunan kebijakan dividen perusahaan tersebut.
Keywords : Dividend Payout Ratio (DPR), Return on Asset (ROA), Debt-to-total-asset Ratio (DAR), Current Ratio (CR), Price/earnings ratio (PER)., Dividend Payout Ratio (DPR), Return on Asset (ROA), Debt-to-total-asset Ratio (DAR), Current Ratio (CR), Price/earnings ratio (PER).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Rivan Dwi Aghnitama
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:15
Last Modified: 21 Dec 2022 07:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11930

Actions (login required)

View Item
View Item