PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2020)

AGUSTIN, Regita and PRASTIWI, Andri,(7 July 2022), PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (92kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji faktor dari corporate governance yang memengaruhi kinerja perusahaan melalui struktur modal sebagai variabel intervening. Variabel independen dari penelitian ini adalah ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, dan keahlian keuangan dewan komisaris. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja perusahaan, yang dikur menggunakan ROA, ROE, dan EPS. Penelitian ini menggunakan struktur modal sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam bursa efek Indonesia tahun 2019-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat uji analisis yang digunakan adalah SmartPLS v.3.2.7 dengan metode analisis SEM (Structural EquationModeling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, dan keahlian keuangan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, dan keahlian keuangan dewan komisaris juga tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan struktur modal berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja perusahaan. Hasil lain dari penelitian ini juga diperoleh hasil bahwa struktur modal tidak mempengaruhi hubungan antara corporate governance dengan kinerja perusahaan secara tidak langsung. Kata Kunci: Kinerja perusahaan, ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, keahlian keuangan dewan komisaris, dan struktur modal.
Keywords : Company performance, size of the board of commissioners, independence of the board of commissioners, financial expertise of the board of commissioners, and capital structure., Kinerja perusahaan, ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, keahlian keuangan dewan komisaris, dan struktur modal.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Regita Agustin
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:07
Last Modified: 28 Dec 2022 01:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11989

Actions (login required)

View Item
View Item