PENGARUH STRUKTUR DEWAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021)

RAMADHANI, Eka Rifka and PARASETYA, Mutiara Tresna,(19 December 2022), PENGARUH STRUKTUR DEWAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (81kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (188kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur dewan dan struktur kepemilikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini berfokus terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur karena kinerja keuangan manufaktur, yaitu return on equity dalam sektor perusahaan tersebut mengalami penurunan ROE dari periode 2019 sampai dengan tahun 2020. Variabel independen adalah dewan direksi, dewan komisaris, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan biaya kepemilikan (dividen). Sedangkan, variabel dependen yaitu kinerja keuangan dengan pengukuran Return on Equity (ROE). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2021. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria atau syarat yang telah ditentukan. Sampel yang didapatkan pada perusahaan manufaktur yaitu 539 perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil daripada penelitian yang menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa dewan komisaris dan biaya kepemilikan (kebijakan dividen) pada berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, sedangkan dewan direksi, kepemilikan manajerial, dan institusional tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Keywords : board of directors, board of commissioners, managerial ownership,institutional ownership, cost of ownership, and financial performance (ROE)., dewan direksi, dewan komisaris, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, biaya kepemilikan, dan kinerja keuangan (ROE).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Rifka Eka Ramadhani
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:24
Last Modified: 28 Dec 2022 06:24
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12000

Actions (login required)

View Item
View Item