PURNAWIDYA, Yosua Cahya and RAHARJO, Susilo Toto,(22 December 2022), MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR FAST-MOVING CONSUMER GOODS DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (114kB)
Download (114kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (136kB)
Download (136kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (115kB)
Download (115kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (289kB)
Download (289kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (151kB)
Download (151kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan bisnis saat ini sangat begitu ketat dan tidak dapat terhindarkan.
Salah satu sektor industri yang tidak luput dari persaingan bisnis adalah industri
produk konsumsi yang memproduksi barang kebutuhan sehari-hari. Industri produk
konsumsi memiliki perputaran produk yang cepat di pasar. Industri semacam ini
dikelompokan dalam industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG). Adapaun
tujuan penelitian adalah bagaimana membangun Keunggulan Bersaing Melalui
Implementasi Total Quality Management Pada Perusahaan Manufaktur Fast
Moving Consumer Goods di Indonesia.
Adapun sampel dari penelitian ini adalah Personel manajerial dengan jabatan
supervisor, atau manajer perusahaan manufaktur pada industri FMCG yang berada
di wilayah Indonesia. Penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling
dengan kriteria purposive sampling dimana diberikan batasan yang dijadikan
sampel (Sugiyono, 2016). Sampel minimum sebanyak 5-10 dikalikan jumlah
indikator, penelitian ini menggunakan 23 indikator (23 indikator x 7 =161 Sampel).
Alat analisis menggunakan AMOS 22.00 metode Structural.Equation.Modeling.
Temuan penelitian menunjukan ada pengaruh positif yang signifikan
implementasi TQM dengan dimensi fokus pada kepemimpinan, perencanaan
strategis, dan fokus pada pelanggan terhadap kualitas produk dengan nilai p-value
bertanda *** mendekati Nol < 0,05 (H1 diterima). Ada pengaruh positif signifikan
implementasi TQM dengan dimensi fokus pada kepemimpinan, perencanaan
strategis, dan fokus pada pelanggan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai pvalue
sebesar 0,001 (H2 diterima). Ada pengaruh positif signifikan kualitas produk
terhadap keunggulan bersaing dengan nilai p-value sebesar 0,041 (H3 diterima).
Dari uji direct effect dan inderect diketahui efek langsung implementasi TQM
terhadap keunggulan bersaing sebesar 0,331 dan efek tidak langsung implementasi
TQM terhadap keunggulan bersaing melalui kualitas produk (variabel mediasi)
sebesar 0,462 artinya mediasi berhasil. Kualitas produk mampu menjadi mediasi
antara implementasi TQM terhadap keunggulan bersaing.
Keywords : | TQM Implementation, Product Quality and Competitive Advantage, Implementasi TQM, Kualitas produk dan Keunggulan bersaing |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yosua Cahya Purnawidya |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:06 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 07:46 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12002 |