PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI MEDIASI OLEH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Penelitian Empiris pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

AL BUSTOMI, Syihabudin and KUSUMADEWI, Karlina Aprilia,(30 December 2022), PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI MEDIASI OLEH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Penelitian Empiris pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (225kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggis)] Text (Abstrak (Inggis)) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (207kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (332kB)
[thumbnail of Fultext PDF Bookmarks] Text (Fultext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Selain itu, penelitian ini juga menguji apakah ada pengaruh enterprise risk management sebagai variabel mediasi dalam hubungan tata kelola perusahaan dan nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Metode sampling yang digunakan adalah purposive yang akhirnya didapat 435 sampel. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation modelling (SEM)- PLS (Partial Least Square). Hasil pengujian menujukkan bahwa tata kelola perusahaan yang meliputi jumlah rapat dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan keahlian keuangan komite manajemen risiko menunjukan pengarush positif terhadap nilai perusahaan. Pengujian tidak langsung menunjukkan bahwa enterprise risk management mempengaruhi hubungan rapat dewan komisaris dan keahlian keuangan dewan dewan komisaris terhadap nilai perusahaan. enterprise risk management memediasi tata kelola perusahaan dengan nilai perusahaan.
Keywords : company value, corporate governance, board of commissioners meetings, risk management committee financial expertise, and enterprise risk management., Nilai perusahaan, tata kelola perusahaan, rapat dewan komisaris, keahlian keuangan komite manajemen risiko, dan enterprise risk management.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Syihabudin AL Bustomi
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:52
Last Modified: 09 Jan 2023 08:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12110

Actions (login required)

View Item
View Item