KHADAFI, Muhammad and SUKRESNA, I Made,(24 December 2022), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) HARGA PREMIUM KONSUMEN INDUSTRI DI PT PLN (PERSERO) UP3 PEKALONGAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (240kB)
Download (240kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (229kB)
Download (229kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (231kB)
Download (231kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (248kB)
Download (248kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (468kB)
Download (468kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Energi listrik menjadi faktor penting dalam perekonomian global. Penyedia energi
listrik di Indonesia berdasarkan regulasi yang berlaku dilaksanakan oleh Badan
Usaha Milik Negara (BUMN) dalam hal ini PT. PLN (Persero). Dalam upaya
meningkatkan pendapatan pada kinerja penjualan, PLN melakukan inovasi dalam
diversifikasi produk, berupa Program Layanan Premium. Pelanggan layanan
premium di PLN UP3 Pekalongan masih sangat sedikit dan termasuk 3 unit
terendah prosentase pelanggan premium di wilayah Jawa Tengah & D.I
Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi
Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) harga premium konsumen industri;
yaitu inovasi produk, kualitas produk, pengetahuan konsumen, citra merek, dan
preferensi konsumen. Survey dilakukan menggunakan variabel yang telah
ditentukan pada 150 konsumen industri yang berada di wilayah PT. PLN (Persero)
UP3 Pekalongan. Analisis data menggunakan metode Structural Equotion Model
(SEM). Hasil yang didapat adalah Pengetahuan Konsumen memiliki pengaruh
paling besar dalam penentuan kesediaan membayar (willingness to pay) pelanggan
beralih dari layanan regular ke layanan premium. Dan untuk meningkatkan
pemasaran layanan premium dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan
dan pemahaman terkait produk sehingga menguatkan preferensi konsumen untuk
bersedia membayar dengan harga premium.
Keywords : | Premium Services, Willingness to pay, Industrial Consumers, PLN, Layanan Premium, Kesediaan Membayar (willingness to pay), Konsumen Industri, PLN |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Muhammad Khadafi |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 08:56 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 01:25 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12111 |