ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) HARGA PREMIUM KONSUMEN INDUSTRI DI PT PLN (PERSERO) UP3 PEKALONGAN

KHADAFI, Muhammad and SUKRESNA, I Made,(24 December 2022), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) HARGA PREMIUM KONSUMEN INDUSTRI DI PT PLN (PERSERO) UP3 PEKALONGAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (240kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (248kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (468kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Energi listrik menjadi faktor penting dalam perekonomian global. Penyedia energi listrik di Indonesia berdasarkan regulasi yang berlaku dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam hal ini PT. PLN (Persero). Dalam upaya meningkatkan pendapatan pada kinerja penjualan, PLN melakukan inovasi dalam diversifikasi produk, berupa Program Layanan Premium. Pelanggan layanan premium di PLN UP3 Pekalongan masih sangat sedikit dan termasuk 3 unit terendah prosentase pelanggan premium di wilayah Jawa Tengah & D.I Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) harga premium konsumen industri; yaitu inovasi produk, kualitas produk, pengetahuan konsumen, citra merek, dan preferensi konsumen. Survey dilakukan menggunakan variabel yang telah ditentukan pada 150 konsumen industri yang berada di wilayah PT. PLN (Persero) UP3 Pekalongan. Analisis data menggunakan metode Structural Equotion Model (SEM). Hasil yang didapat adalah Pengetahuan Konsumen memiliki pengaruh paling besar dalam penentuan kesediaan membayar (willingness to pay) pelanggan beralih dari layanan regular ke layanan premium. Dan untuk meningkatkan pemasaran layanan premium dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait produk sehingga menguatkan preferensi konsumen untuk bersedia membayar dengan harga premium.
Keywords : Premium Services, Willingness to pay, Industrial Consumers, PLN, Layanan Premium, Kesediaan Membayar (willingness to pay), Konsumen Industri, PLN
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muhammad Khadafi
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:56
Last Modified: 10 Jan 2023 01:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item
View Item