POSMARIA, Anastasia and FERDINAND, Augusty Tae and FARIDA, Naili,(27 December 2021), MEMBANGUN MODEL PEMBERDAYAAN JEJARING SOSIAL PRO-PERTUMBUHAN SEBAGAI MEDIASI PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN REPUTASI PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (7MB)
Download (7MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7MB)
Download (7MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7MB)
Download (7MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (7MB)
Download (7MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (7MB)
Download (7MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan bukanlah program yang sepenuhnya
altruistik. Pelaksanaan CSR harus didasarkan pada tiga pilar pembangunan
berkelanjutan yaitu profit, people, dan planet. Terlepas dari persepsi bahwa CSR
adalah pemberian hadiah, perusahaan harus sadar dan bertanggung jawab untuk
memberdayakan masyarakat dan mereka yang menerima bantuan keuangan dari
perusahaan. Penelitian ini mengungkapkan temuan bahwa perusahaan tidak
sekedar menyalurkan dana CSR-nya tetapi perusahaan perlu lebih terlibat dalam
proses pemberdayaan jejaring sosialnya dengan mengambil langkah-langkah
seperti perusahaan memiliki hubungan yang kuat dengan jaringan yang terbentuk,
mampu menjadi partner untuk jaringan dan sebaliknya masyarakat juga siap untuk
berjalan beriringan dengan perusahaan. , perusahaan dan jaringan saling terbuka
agar mudah dihubungi/diakses dan perusahaan dan jaringan sama-sama berbagi
informasi dan tutorial tentang kompetensi yang dibutuhkan untuk pengelolaan
dana CSR yang diusulkan oleh jaringan.
Berbasis Stakeholder Theory dimana dua pihak memiliki kepentingan
yang berbeda, maka dimungkinkan terjadi perbedaan kepentingan antara
perusahaan dengan jejaring sosialnya. Dibutuhkan proses menghubungkan kedua
belah pihak untuk menyelaraskan tujuan kedua belah pihak. Perusahaan
membutuhkan kepercayaan jaringan mereka dan kebutuhan untuk membangun
hubungan dengan perusahaan; dan di sisi lain - perusahaan juga perlu
menyediakan fasilitas di jejaring sosial mereka untuk terus mengembangkan
program mereka secara mandiri. Dengan pemberdayaan jejaring sosial,
perusahaan mendapatkan word of mouth yang positif dan akhirnya perusahaan
akan mendapatkan reputasi yang baik sebagai perusahaan sosial.
Keywords : | Corporate Social Responsibility, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Anastasia Posmaria |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 07:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 07:47 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12127 |