SYAHRIL, Moh and SUKRESNA, I Made,(24 November 2022), ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AYAM PETELUR CV. MUKTI FARM DI KABUPATEN BATANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (4kB)
Download (4kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (16kB)
Download (16kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (229kB)
Download (229kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha ayam
petelur CV. Mukti Farm Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif yang dideskripsikan secara sistematis melalui pendekatan
analisis SWOT. Penentuan analisis SWOT didasarkan dari wawancara terstruktur
secara langsung dengan pemilik dan karyawan CV. Mukti Farm. Teknik analisis
data dilakukan secara kualitatif dengan empat tahapan, yaitu: pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa
CV. Mukti Farm memiliki posisi SW sebesar 1,57 dan OT sebesar 1,66. Hasil
tersebut menempatkan posisi CV. Mukti Farm berada pada kuadran 1 atau
mendukung strategi agresif untuk bisa berkembang dan bertahan ditengah
persaingan yang semakin kompetitif. Hasil analisis SWOT tersebut, perusahaan
memiliki dua belas strategi prioritas yang dijalankan yaitu: 1) Menambah jumlah
ayam dan kandang untuk memenuhi kebutuhan konsumen; 2) Memperbaiki sistem
manajerial untuk bisa bersaing secara kompetitif; 3) Mempertahankan dan
meningkatkan standar kualitas telur; 4) Memperbaiki operasional peternakan
berbasis teknologi; 5) Pengelolaan pakan secara mandiri; 6) Meningkatkan promosi
melalui sosial media; 7) Memperluas saluran distribusi dan pemasaran; 8)
Peningkatan distribusi langsung ke konsumen; 9) Meningkatkan perawatan pada
ayam dengan dilakukan vaksinasi; 10; Melakukan pelatihan untuk meningkatkan
kualitas SDM; 11) Menjaga hubungan dengan pelanggan; 12) Meningkatkan
hubungan komunikasi dengan supplier.
Keywords : | CV. Mukti Farm; SWOT analysis; Strategy., CV. Mukti Farm; Analisis SWOT; Strategi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Moh Syahril |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 09:50 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 03:03 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12128 |