PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT (Studi Empiris pada perusahaan-perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017 – 2021)

ANGGRAENI, Eka Putri and FUAD, Fuad,(3 January 2023), PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT (Studi Empiris pada perusahaan-perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (317kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (323kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (451kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dan menganalisis pengaruh mekanisme corporate governance terhadap kecurangan dalam pelaporan keuangan. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kecurangan dalam pelaporan keuangan. Sementara itu, variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah mekanisme corporate governance yang terdiri dari ukuran dewan komisaris, komposisi dewan komisaris independen, anggota dewan dengan pengalaman internasional, efektivitas komite audit dan kualitas auditor eksternal. Populasi pada penelitian ini terdiri atas perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa selama tahun 2017-2021. Metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 80 perusahaan. Analisa data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisis regresi logistik data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi dewan komisaris independen dan kualitas auditor eksternal memiliki pengaruh negatif secara signifikan terhadap kecurangan dalam pelaporan keuangan. Namun, jumlah ukuran dewan komisaris, anggota dewan dengan pengalaman internasional dan efektivitas komite audit tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan dalam pelaporan keuangan.
Keywords : fraudulent financial reporting, corporate governance, board size, composition of independent commissioners, board members with international experience, audit committee and quality of external auditors., kecurangan dalam pelaporan keuangan, corporate governance, ukuran dewan komisaris, komposisi dewan komisaris independen, anggota dewan dengan pengalaman internasional, komite audit dan kualitas auditor eksternal.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Eka Putri Anggraeni
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:09
Last Modified: 13 Jan 2023 03:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12141

Actions (login required)

View Item
View Item