STRATEGI PENGOPTIMALAN PENGHIMPUNAN WAKAF UANG DI INDONESIA

MUDZAKIR, Muhammad Hanif and PUJIYONO, Arif,(27 December 2022), STRATEGI PENGOPTIMALAN PENGHIMPUNAN WAKAF UANG DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Potensi wakaf uang di Indonesia sangat besar, dapat dilihat dari 86,88% penduduk di Indonesia beragama Islam. Potensi penghimpunan wakaf uang tercatat mencapai 15 triliun, tetapi realisasi penghimpunan wakaf uang masih belum optimal yaitu hanya mencapai Rp 831,34 miliar rupiah. Maka, persentase penghimpunan wakaf uang yang terealisasi hanya mencapai 5,54%. Penelitian kali ini bertujuan untuk menentukan prioritas permasalahan, solusi, dan strategi dalam mengoptimalkan penghimpunan wakaf uang. Metode yang digunakan adalah Analytical Network Process (ANP), yaitu teknik analisis data untuk merumuskan prioritas faktor dan penentuan strategi berdasarkan beberapa perspektif informan tokoh kunci (key informant). Penelitian ini mengambil key informant dari Badan Wakaf Indonesia (BWI), Nazhir wakaf uang, Kementrian Agama (KEMENAG), Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta akademisi dalam mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian dijelaskan bahwa prioritas masalah di dalam penghimpunan wakaf uang adalah pelaporan, Nazhir tidak patuh, tata kelola Nazhir, digitalisasi Nazhir, dan literasi. Prioritas solusi dalam penghimpunan wakaf uang adalah Menertibkan Nazhir, Revisi UU, Sertifikasi, Digitalisasi, dan Kolaborasi. Strategi yang dapat diterapkan dalam mengoptimalkan penghimpunan wakaf uang adalah Kolaborasi dengan berbagai industri keuangan untuk bisa memberikan literasi wakaf uang.
Keywords : waqf, waqf collection, cash waqf, optimal, ANP, strategy., wakaf, penghimpunan wakaf uang, optimal, ANP, strategi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Hanif Mudzakir
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:25
Last Modified: 17 Jan 2023 01:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item
View Item