ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) DISCLOSURE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia pada Tahun 2016-2021)

NUGROHO, Naufal Adi and HARYANTO, Antonius Mulyo,(24 January 2023), ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) DISCLOSURE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia pada Tahun 2016-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (62kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (90kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, dalam menjalankan aktivitas bisnisnya perusahaan dituntut untuk tidak selalu mementingkan keuntungan perusahaan semata, namun juga harus melihat dampak yang ditimbulkan dari jalannya aktivitas operasional perusahaan. Salah satu upaya menanggulanginya yaitu dengan memperhatikan komponen lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan dalam menganalisis pengaruh pengungkapan Environmental, Social, Governance terhadap kinerja keuangan perusahaan. Pengungkapan skor ESG dapat diukur melalui tiga komponennya antara lain terdapat komponen lingkungan (EVN), sosial (SOC), dan tata kelola perusahaan (CG) serta pengukuran secara keseluruhan komponen melalui ESG Disclosure Score (ESG). Pengukuran kinerja keuangan perusahaan dilakukan dengan proksi Return on Asset (RoA). Penelitian menggunakan variabel kontrol diantara lain yaitu terdapat Asset Turnover (AT) serta Asset Growth (AG). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur di Negara Indonesia yaitu sejumlah 26 perusahaan manufaktur yang telah mengungkapkan skor Environmental, Social, Governance di tahun 2016 – 2021 dengan menggunakan metode pusposive sampling dengan data sekunder yang diperoleh dari terminal Bloomberg. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda data panel serta menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Temuan dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa, komponen variabel dari ESG, Environmental Disclosure, Social Disclosure, dan Corporate Governance Disclosure masing-masing memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Keywords : Corporate Financial Performance, ESG Score, Environmental Score, Social Score, Corporate Governance Score, Return on Assets., Kinerja Keuangan Perusahaan, ESG Score, Environmental Score, Social Score, Corporate Governance Score, Return on Asset.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Naufal Adi Nugroho
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:16
Last Modified: 01 Feb 2023 06:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item
View Item