RENATA, Almeira and MAHFUDZ, Mahfudz,(26 January 2023), ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK UNGGULAN DENGAN PENDEKATAN MARKETING DAN BUSINESS INTELLIGENCE (Studi Kasus pada Kabupaten Wonosobo). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (55kB)
Download (55kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (34kB)
Download (34kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (126kB)
Download (126kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (202kB)
Download (202kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Pendekatan marketing dan business intelligence dalam penelitian ini
digunakan untuk memperoleh informasi dan mengembangkan potensi sektor
unggulan di Kabupaten Wonosobo. Objek penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 15 kecamatan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui potensi
sektor unggulan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical
Hierarchy Process (AHP). Metode AHP digunakan dalam penelitian ini karena
dianggap mampu menghasilkan keputusan dalam rangka mencapai tujuan
berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dalam model AHP.
Selain itu, strategi dan kebijakan yang digunakan dalam mengembangkan
potensi sektor unggulan adalah dengan mengumpulkan informasi dari pasar atau
masyarakat sebagai pendukung pendekatan marketing dan business intelligence,
sesuai dengan potensi sektor unggulan yang dimiliki oleh masing-masing subsektor
daerah.
Berdasarkan
penelitian
diperoleh
hasil
bahwa
15
kecamatan
di
Kabupaten
Wonosobo
dengan rincian sebagai berikut adalah 7 kecamatan yang terdiri dari
Garung, Kalikajar, Kaliwiro, Leksono, Selomerto, Sukoharjo, dan Watumalang
yang memiliki potensi sektor pertanian unggulan. Kemudian terdapat 5 kecamatan
yang memiliki potensi pengolahan yang terdiri dari Kepil, Kertek, Mojotengah,
Sapuran, dan Wonosobo. Sedangkan kecamatan yang memiliki potensi unggulan di
bidang pariwisata adalah Kecamatan Kalibawang, Kejajar, dan Wadaslintang.
Keywords : | Leading Sector Potential, Marketing Intelligence, Business Intelligence Analytical Hierarchy Process (AHP), Potensi Sektor Unggulan, Marketing Intelligence, Business Intelligence, Analytical Hierarchy Process (AHP) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Almeira Renata |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:39 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12199 |