ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC (RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL) (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

INSANIYATI, Nurani and PURWANTO, Agus,(13 January 2023), ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC (RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL) (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (193kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (166kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (239kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan manganalisis tingkat kesehatan bank konvensional dan bank syariah berdasarkan rasio keuangan menggunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 147 yaitu seluruh industri perbankan, baik bank konvensional maupun bank syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling yang terdiri atas 43 bank konvensional dan 6 bank syariah. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney Test dengan aplikasi SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui perhitungan nilai komposit secara keseluruhan, baik bank konvensional dan bank syariah keduanya berada pada peringkat PK-3 yaitu “CUKUP SEHAT” namun dengan nilai persentase yang berbeda, bank konvensional memiliki persentase lebih tinggi sebesar 70% jika dibandingkan bank syariah sebesar 67,5%. Kemudian terdapat perbedaan antara bank konvensional dan bank syariah pada rasio kinerja keuangan GCG dan NIM. Sedangkan pada rasio kinerja keuangan NPL/NPF, LDR/FDR, ROA, ROE, BOPO, dan CAR tidak terdapat perbedaan antara bank konvensional dan bank syariah.
Keywords : Bank Health Level, Conventional Banking, Islamic Banking, RGEC., Tingkat Kesehatan Bank, Perbankan Konvensional, Perbankan Syariah, RGEC.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Nurani Insaniyati
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:07
Last Modified: 16 Feb 2023 08:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12235

Actions (login required)

View Item
View Item