ORKESTRASI ASET SEBAGAI PENGUNGKIT KEUNGGULAN KOMPETITIF: SEBUAH PERSPEKTIF TEORI BERBASIS SUMBER DAYA (Studi Empiris pada UMKM Mebel di Jawa Tengah)

SIMATUPANG, Rintar Agus and FERDINAND, Augusty Tae and SUKRESNA, I Made,(30 January 2023), ORKESTRASI ASET SEBAGAI PENGUNGKIT KEUNGGULAN KOMPETITIF: SEBUAH PERSPEKTIF TEORI BERBASIS SUMBER DAYA (Studi Empiris pada UMKM Mebel di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (181kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (182kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (308kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (440kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membangun sebuah model konsep, menggambarkan, dan membuktikan secara empiris bagaimana pengelolaan modal relasional sebagai pengungkit kinerja pemasaran berdasarkan perspektif teori berbasis sumber daya untuk memberikan kontribusi pada badan ilmu pengetahuan. Sampel dari penelitian ini adalah pemilik/pengelola UMKM Mebel atau Furnitur di Provinsi Jawa Tengah. Metode pengambilan populasi dalam studi menggunakan probability sampling dengan teknik berkelompok atau pengambilan sampel yang tidak proporsional. Kuesioner yang layak dianalisis sebanyak 349 responden. Variabel dalam penelitian ini sebanyak 5 variabel dengan jumlah indikator 27 indikator replektif. Analisis data menggunakan pemodelan persamaan struktural dengan AMOS versi 24 dan peran pengujian mediasi pada model penelitian mengikuti tahapan Baron dan Kenny (1986). Berdasarkan tujuh hipotesis yang diajukan dalam penelitian menunjukkan secara empiris enam (6) hipotesis didukung dan satu (1) hipotesis ditolak yaitu hipĆ³tesis ke empat. Berdasarkan hasil pengujian peran variabel mediasi atau konsep baru yaitu kualitas mengorkestrasi jejaring memperoleh dukungan secara empiris berperan sebagai variabel mediasi hubungan antara modal relasional terhadap kinerja pemasaran. Temuan penelitian menawarkan dua (2) alternatif strategi sebagai pengungkit peningkatkan kinerja pemasaran. Temuan hasil penelitian berimplikasi pada teori dan manajerial agar pemilik/pengelola UMKM fokus pada kualitas mengorkestrasi jejaring untuk mengungkit kinerja pemasaran. Selain itu, temuan penelitian memberikan kontribusi dan menawarkan pengalaman baru dalam pengelolaan industri mebel.
Keywords : relational capital, network orchestration quality, entrepreneurial marketing capability, value co-creation capability, marketing performance., modal relasional, kualitas mengorkestrasi jejaring, kemampuan pemasaran kewirausahaan, kemampuan penciptaan nilai bersama, kinerja pemasaran.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Rintar Agus Simatupang
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:30
Last Modified: 24 Feb 2023 02:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12273

Actions (login required)

View Item
View Item