PRASETYO, Arif Triyudi and YUNIAWAN, Ahyar,(6 February 2023), PENGEMBANGAN TV SHOPPING MODEL PADA INDUSTRI RITEL (STUDI KASUS: PT MNC GS HOMESHOPPING). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (191kB)
Download (191kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (183kB)
Download (183kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (292kB)
Download (292kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (414kB)
Download (414kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Langkah fundamental harus dilakukan oleh para pelaku di industri ritel TV
shopping (TVS) dalam mempertahankan kinerja bisnisnya di Indonesia. Tren
kecenderungan penurunan atas respon dari pemirsa televisi, bukan hanya
berdampak pada penurunan kinerja perusahaan khususnya penjualan, namun juga
berdampak pada bagaimana langkah yang harus dilakukan oleh pimpinan
perusahaan terkait, sehingga secara terarah dan terukur menjadi metode untuk
mempertahankan kinerja bisnisnya. Kajian literatur format ritel, yang berupa
kerangka kerja untuk format ritel yang berpusat pada pelanggan, eksplorasi kondisi
saat ini dan potensi pengembangan format ritel, serta arah strategi bisnis ritel
menjadi domain yang sangat menarik. Model yang menjabarkan dua jalur potensial
sehingga ritel menjadi kompetitif dan relevan. Yang pertama untuk meningkatkan
pengalaman pelanggan. Yang kedua untuk mengurangi gesekan pelanggan. Kajian
ini menjawab evolusi format khususnya di TVS sebagai bagian dari peritel online.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang
mencoba memahami fenomena dalam setting dan konteks naturalnya dimana
peneliti tidak berusaha untuk memanipulasi fenomena yang diamati. Metode
pengumpulan sampel adalah non-probability sampling, yakni purposive sampling
yang dianggap paling sesuai untuk penyelidikan saat ini, karena peneliti
memerlukan sampel yang efisien dan dapat dikelola yang memenuhi kriteria
tertentu. Yakni terdiri dari pimpinan perusahaan dan semua level manajer di bagian
operasional. Adapun dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara tak terstruktur.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga adalah
karakteristik kunci dari penawaran ritel TV shopping, namun strategi saat ini
kurang relevan untuk dijalankan dan mengusulkan agar dilakukan langkah-langkah
kearah inovasi strategi operasional, seperti : mencari saluran alternatif, fokus ke
target pasar baru, membuat konten tayangan yang kreatif, memperbanyak variasi
produk, kemudahan dalam pemesanan dan pengelolaan pengiriman produk akan
berpengaruh terhadap kinerja penjualan dan kinerja perusahaan.
Keywords : | strategic management, retail industry, TV shopping, case studies., manajemen strategi, industri ritel, TV shopping, studi kasus. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arif Triyudi Prasetyo |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 07:22 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 07:31 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12296 |