PENGARUH AUDIT TENURE, FEE AUDIT, DAN ROTASI AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris pada perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020)

ISTYOWATI, Aulia Febria and RATMONO, Dwi,(3 March 2023), PENGARUH AUDIT TENURE, FEE AUDIT, DAN ROTASI AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris pada perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (49kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas audit merupakan aspek penting yang dapat mempengaruhi kredibilitas laporan keuangan perusahaan. Kualitas audit yang baik, yaitu laporan audit yang mencerminkan kondisi sebenarnya dari perusahaan akan mengurangi probabilitas terjadinya kesalahan pengambilan keputusan oleh pihak yang berkepetingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan bukti empiris apakah terdapat pengaruh audit tenure, fee audit, dan rotasi audit terhadap kualitas audit dengan efektivitas komite audit sebagai variabel moderasi. Populasi adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2020. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik purposive sampling diperoleh total sampel sebanyak 51 perusahaan selama periode pengamatan 6 tahun, sehingga jumlah total sampel sebanyak 306 data. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan MRA (Moderate Regression Analysis) dengan menggunakan software Eviews 9. Hasil pengujian menunjukkan bahwa audit tenure berpengaruh secara negatif terhadap kualitas audit, fee audit berpengaruh secara positif terhadap kualitas audit, dan rotasi audit tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Pengujian atas variabel moderasi menunjukkan hasil bahwa efektivitas komite audit yang diproksikan oleh jumlah anggota hanya mampu memoderasi hubungan antara audit tenure terhadap kualitas audit. Sedangkan efektivitas komite audit yang diproksikan oleh jumlah anggota dan keahlian akuntansi hanya mampu memoderasi hubungan antara fee audit terhadap kualitas audit.
Keywords : audit quality, audit tenure, audit fees, audit rotation, audit committee effectiveness., kualitas audit, audit tenure, fee audit, rotasi audit, efektivitas komite audit.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Aulia Febria Istyowati
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:13
Last Modified: 28 Mar 2023 01:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12378

Actions (login required)

View Item
View Item