Analisis Pengaruh Stock Split, Variabel Pasar Keuangan dan Economic Value Added (EVA) Emiten Terhadap Return Saham (Studi pada Emiten yang Melakukan Stock Split Tahun 2017-2021)

TANIA, Jenna and MAWARDI, Wisnu,(2 March 2023), Analisis Pengaruh Stock Split, Variabel Pasar Keuangan dan Economic Value Added (EVA) Emiten Terhadap Return Saham (Studi pada Emiten yang Melakukan Stock Split Tahun 2017-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (340kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (255kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (349kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini meneliti stock split, variabel-variabel pasar keuangan, Economic Value Added (EVA) emiten yang kemungkinan memiliki dampak terhadap return saham. Variabel pasar keuangan berupa: Earning per Share (EPS), Trading Volume Activity (TVA), kapitalisasi pasar, dan dividend yield. Data 41 perusahaan terbuka yang melakukan aksi korporasi dikumpulkan berdasarkan dari laporan keuangan, laporan tahunan dan laboratorium bloomberg dalam kurun waktu lima tahun yaitu 2017-2021. Perangkat lunak IBM SPSS Statistic 21 digunakan untuk meneliti hubungan antara variabel: aksi korporasi, variabel pasar keuangan, Economic Value Added (EVA) emiten yang kemungkinan memiliki dampak terhadap return saham. Hasil menunjukan bahwa sebagian besar variabel pasar keuangan tidak memiliki pengaruh terhadap return saham, terkecuali Earning per Share yang memiliki pengaruh positif signifikan terhadap return saham. Dari studi ini diperoleh variabel yang digunakan dan hanya mampu menjelaskan 21,6% faktor yang dapat memengaruhi return saham sehingga masih terdapat 78,4% aspek lainya yang dapat diteliti lebih lanjut. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, maka terdapat saran sebagai berikut: (1) Melakukan penelitian dengan sampel emiten dari sektor tertentu. (2) Menambahkan variabel lainnya yang mampu menjelaskan pengaruh dengan return saham. (3) Penelitian pada masa yang akan datang sebaiknya memerhatikan faktor risiko pasar.
Keywords : Stock Split, Financial Market Variables, EVA, Stock Split, Variabel Pasar Keuangan, EVA
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Jenna Tania
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:35
Last Modified: 29 Mar 2023 02:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12387

Actions (login required)

View Item
View Item