ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE (Studi pada Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)

FAUZAN, Muhammad and WIDYARTI, Endang Tri,(8 March 2023), ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE (Studi pada Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (678kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (166kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Governance terhadap Financial Performance pada perusahaan bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2021. Penelitian ini menggunakan ROA sebagai variabel dependen. Variabel independen yang digunakan adalah Board size (BOD), Komite audit (AC), Kepemilikan Manajerial (MO), Kepemilikan Institusional (IO). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017-2021. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 14 perusahaan perbankan setelah dilakukan purposive sampling, sehingga diperoleh total 70 observasi. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan program IBM SPSS 26 yang terdiri dari uji asumsi klasik, uji statistik f, uji statistik t, dan uji koefisien determinasi (R2). Selama periode pengamatan, menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini telah lolos uji asumsi klasik. Hal ini menunjukkan bahwa data yang digunakan telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persaman regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Board Size (BOD) dan Komite Audit (AC) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA. Kepemilikan Manajerial (MO) berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Kepemilikan Institusional (IO) berpengaruh positif signifikan terhadap ROA.
Keywords : Corporate Governance, Board Size, Audit Committee, Managerial Ownership, Institutional Ownership, ROA., Tata Kelola Perusahaan, Board Size, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, ROA.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muhammad Fauzan
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:35
Last Modified: 29 Mar 2023 07:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item
View Item