DETERMINAN KEMAMPUAN AUDITOR DALAM MENDETEKSI KECURANGAN DENGAN SKEPTISME PRFOFESIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Auditor Pemerintah di Inspektorat Se-Pulau Lombok)

PRATAMA, Naufal Ammar and JANUARTI, Indira,(25 January 2023), DETERMINAN KEMAMPUAN AUDITOR DALAM MENDETEKSI KECURANGAN DENGAN SKEPTISME PRFOFESIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Auditor Pemerintah di Inspektorat Se-Pulau Lombok). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (100kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (109kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (113kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Terpublikasinya kasus kecurangan pada pemerintahan membuat auditor internal pemerintah menjadi sorotan. Peranan pengendalian internal dalam pencegahan dan pendeteksian kecurangan masih lemah. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan bukti empiris tentang faktor internal dan eksternal auditor yaitu pengalaman, beban kerja, dan pelatihan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peran mediasi dari faktor skeptisme profesional. Populasi penelitian ini adalah seluruh PNS dengan jabatan fungsional auditor dan jabatan fungsional pengawas penyelenggaraan urusan pemerintah di daerah sebanyak 294 auditor. Data primer dikumpulkam dengan membagikan 294 kuesioner kepada responden dan diuji menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan pelatihan dan skeptisme profesional berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Beban kerja berpengaruh negatif terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Sedangkan, pengalaman tidak berpengaruh terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Pengalaman dan pelatihan berpengaruh positif terhadap skeptisme profesional. Sedangkan beban kerja berpengaruh negatif terhadap skeptisme profesional. Skeptisme profesional dalam model penelitian ini tidak sepenuhnya berperan sebagai variabel mediasi, karena hanya mampu memediasi pengaruh pengalaman dan pelatihan terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Sedangkan skeptisme profesional tidak memediasi pada pengaruh beban kerja terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan.
Keywords : Experience, Workload, Training, Professional Skepticism, Auditor's Ability to Detect Fraud., Pengalaman, Beban Kerja, Pelatihan, Skeptisme Profesional, Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Naufal Ammar Pratama
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:24
Last Modified: 30 Mar 2023 02:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12402

Actions (login required)

View Item
View Item