PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENGUNGKAPAN ANTI KORUPSI: EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di BEI 2018- 2020)

FITRI, Valenda Rahma and DALJONO, Daljono,(23 March 2023), PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENGUNGKAPAN ANTI KORUPSI: EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di BEI 2018- 2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi untuk mengetahui pengaruh dari sistem pengendalian internal terhadap pengungkapan anti korupsi dengan efektivitas komite audit sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan data dari laporan tahunan dan laporan berkelanjutan dengan sampel penelitian subsektor pertambangan, data yang didapatkan dianalisis dengan metode regresi menggunakan Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pengendalian tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan anti korupsi, sedangkan untuk penilaian risiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian, pengasan memiliki pengaruh untuk melakukan pengungkapan anti korupsi didalam perusahaan. Komite audit berperan sebagai variabel moderasi pada penelitian ini belum mampu memperkuat pengaruh lingkungan pengendalian, penilaian risiko, dan aktivitas pengendalian terhadap pengungkapan anti korupsi. Sedangkan untuk informasi dan komunikasi, pengawasan mampu dipengaruhi oleh komite audit untuk pengungkapan anti korupsi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menjadikan komite audit sebagai variabel moderasi. Selain itu, peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan indikator yang disesuaikan kembali dengan kebutuhan variabel penelitian pada objek penelitian.
Keywords : Internal Control System, Anti-Corruption Disclosure, Audit Committee, Fraud, Legitimacy., Sistem Pengendalian Internal, Pengungkapan Anti-Korupsi, Komite Audit, Fraud, Legitimasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Valenda Rahma Fitri
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:25
Last Modified: 03 Apr 2023 02:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12444

Actions (login required)

View Item
View Item