ANALISIS PREFERENSI LENDER MUSLIM DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN PENDANAAN DI PLATFORM PEER TO PEER LENDING SYARIAH

HANIF, Muhammad Aladdin and SANTOSA, Purbayu Budi,(16 March 2023), ANALISIS PREFERENSI LENDER MUSLIM DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN PENDANAAN DI PLATFORM PEER TO PEER LENDING SYARIAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (165kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan lender muslim dalam menggunakan layanan pendanaan di platform peer to peer lending syariah. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik biner. Populasi dalam penelitian ini adalah lender muslim yang menggunakan layanan pendanaan di platform peer to peer lending syariah atau konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan nonprobability sampling, yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperlukan berjumlah 330 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan lender muslim dalam menggunakan layanan pendanaan di platform peer to peer lending syariah. Persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan lender muslim dalam menggunakan layanan pendanaan di platform peer to peer lending syariah. Kepercayaan dan literasi digital tidak berpengaruh terhadap keputusan lender muslim dalam menggunakan layanan pendanaan di platform peer to peer lending syariah. Persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan menjadi dua faktor penentu yang paling kuat. Hal tersebut menunjukkan bahwa konstruk utama Technology Acceptance Model memiliki pengaruh yang kuat pada konteks penelitian ini. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap perusahaan fintech peer to peer lending syariah dalam merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan jumlah lender pada fintech peer to peer lending syariah khususnya lender muslim.
Keywords : consumer behavior, technology acceptance, decision to use, sharia peer to peer lending, perilaku konsumen, penerimaan teknologi, keputusan penggunaan, peer to peer lending syariah
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Aladdin Hanif
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:32
Last Modified: 17 Apr 2023 02:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item
View Item