DETEKSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN ASURANSI DENGAN VOUSINAS S.C.C.O.R.E MODEL

AGWINANDA, Afina and FUAD, Fuad,(20 December 2022), DETEKSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN ASURANSI DENGAN VOUSINAS S.C.C.O.R.E MODEL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (396kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (242kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (339kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (248kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang efektivitas dari Vousinas S.C.C.O.R.E Model yang lebih sering disebut fraud hexagon dalam mendeteksi indikasi fraud laporan keuangan perusahaan sektor asuransi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan periode waktu tahun 2017 – 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 80 data perusahaan. Analisa dilakukan dengan regresi logistik data panel menggunakan program eviews Variabel independen penelitian ini menggunakan unsur – unsur dari Vousinas S.C.C.O.R.E Model atau fraud hexagon yang terdiri dari stimulus / pressure yang diwakilkan oleh variabel financial target, financial stability, dan external pressure. Unsur selanjutnya adalah opportunity yang diwakilkan dengan ineffective monitoring, unsur rasionalisasi yang diwakilkan oleh rasio total akrual (TATA) dan pergantian auditor, unsur capability yang diwakilkan oleh pergantian direksi, unsur ego / arogansi dengan variabel CEO’s picture, dan rangkap jabatan, serta unsur kolusi yang diwakilkan oleh variabel proyek dengan pemerintah. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kecurangan laporan keuangan (fraudulent financial report) dengan diproksikan menggunakan f-score dan m-score sebagai alat analisisnya untuk perbandingan. Hasil penelitian dengan analisis f-score menunjukkan bahwa financial target, financial stability, external pressure, rangkap jabatan, dan kerjasama dengan pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap fraud pada laporan keuangan. Sedangkan penelitian dengan menggunakan m-score, hasilnya menunjukkan bahwa keseluruhan variabel independen tidak memiliki pengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan (fraudulent financial report).
Keywords : Fraudulent Financial Report, Vousinas S.C.C.O.R.E Model, Financial Target, Financial Stability, External Pressure, Ineffective Monitoring, Total Accrual Ratio, Change in Auditor, Change in Director, CEO’s Picture, Dualism Position and Project with Government., Kecurangan Laporan Keuangan, Vousinas S.C.C.O.R.E Model, Target Keuangan, Stabilitas Keuangan, Tekanan Eksternal, Pemantauan tidak Efektif, Rasio Total Akrual, Pergantian Auditor, Pergantian Direksi, CEO’s Picture, Rangkap Jabatan Dan Kerjasama Dengan Pemerintah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Afina Agwinanda
Date Deposited: 16 May 2023 00:35
Last Modified: 16 May 2023 01:31
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item
View Item