DAMPAK KOMPENSASI EKSEKUTIF TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN DI INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Kompas 100 BEI Tahun 2017-2021)

CAHYANINGTYAS, Sekar Ayu and SYAFRUDDIN, Muchamad,(30 March 2023), DAMPAK KOMPENSASI EKSEKUTIF TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN DI INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Kompas 100 BEI Tahun 2017-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (38kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (51kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (113kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompensasi eksekutif terhadap agresivitas pajak dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Variabel yang digunakan pada penelitian ini diantaranya, yaitu variabel dependen (agresivitas pajak perusahaan), variabel independen (kompensasi eksekutif), variabel moderasi (kekuatan corporate governance), dan variabel kontrol (size, profitabilitas, leverage, intensitas modal, pertumbuhan, aktivitas asing, intensitas R&D, volatilitas operasi dan industri). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Dengan menggunakan purposive sampling dalam pemilihan sampel maka diperoleh sebanyak 97 sampel penelitian untuk 5 tahun berturut-turut (2017-2021). Hipotesis penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel. Temuan dari penelitian ini menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara variable component kompensasi eksekutif dan agresivitas pajak. Selain itu penelitian ini juga menunjukan hubungan negatif yang signifikan antara fixed component kompensasi eksekutif dan agresivitas pajak. Untuk efek moderasi kekuatan corporate governance menunjukan hasil positif yang signifikan pada hubungan antara variable component kompensasi eksekutif dan agresivitas pajak perusahaan. Sedangkan untuk interaksi antara kekuatan corporate governance pada hubungan antara fixed component kompensasi eksekutif dan agresivitas pajak perusahaan menunjukan hasil positif yang tidak signifikan.
Keywords : executive compensation, corporate tax aggressiveness, corporate governance, kompensasi eksekutif, agresivitas pajak perusahaan, tata kelola perusahaan (corporate governance)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Sekar Ayu Cahyaningtyas
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:47
Last Modified: 08 Jun 2023 07:50
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12583

Actions (login required)

View Item
View Item