PENGARUH ELEMEN FRAUD TRIANGLE TERHADAP FINANCIAL STATEMENT FRAUD DENGAN FAMILY OWNERSHIP SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

NILAWATI, Lia and RATMONO, Dwi,(17 May 2023), PENGARUH ELEMEN FRAUD TRIANGLE TERHADAP FINANCIAL STATEMENT FRAUD DENGAN FAMILY OWNERSHIP SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (383kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (150kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari elemen fraud triangle (target keuangan, pergantian auditor, dan efektivitas pengawasan) yang memengaruhi terjadinya kecurangan terhadap financial statement fraud dengan family ownership sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel akhir berjumlah 295. Data yang digunakan adalah data sekunder atau kuantitatif dengan desain eksplanatori dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS) dengan sistem operasi SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian saat keseluruhan data diolah dari tahun 2018-2021 menunjukkan bahwa target keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial statement fraud, pergantian auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap financial statement fraud, efektivitas pengawasan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Financial statement fraud. Family ownership hanya mampu memperkuat pengaruh efektivitas pengawasan terhadap financial statement fraud. Hasil penelitian sebelum terjadinya pandemi covid-19 target keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial statement fraud, pergantian auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap financial statement fraud, efektivitas pengawasan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Financial statement fraud. Family ownership memperlemah hubungan antara target keuangan terhadap financial statement fraud, family ownership memperkuat hubungan antara pergantian auditor terhadap financial statement fraud, family ownership memperkuat hubungan antara efektivitas pengawasan terhadap financial statement fraud. Saat terjadinya pandemi covid-19 target keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial statement fraud, pergantian auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap financial statement fraud, dan efektivitas pengawasan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial statement fraud. Peneliti hanya menemukan family ownersihp tidak mampu memperkuat pengaruh pergantian auditor terhadap financial statement fraud pada kondisi saat pandemi covid-19.
Keywords : fraud, financial statement fraud, financial targets, auditor changes, monitoring effectiveness, M-score, family ownership., kecurangan, financial statement fraud, target keuangan, pergantian auditor, efektivitas pengawasan, M-score, family ownership.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Lia Nilawati
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:05
Last Modified: 15 Jun 2023 04:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12633

Actions (login required)

View Item
View Item